Kenapa Academy Award Disebut Oscar?

Pingit Aria
10 Februari 2020, 09:41
Penghargaan Piala Oscar.
oscar.go.com
Penghargaan Piala Oscar.

Ajang Academy Awards atau Piala Oscar 2020 digelar Minggu (9/2) di Dolby Theatre, Los Angeles. Di Indonesia, ajang penghargaan tertinggi bagi insan film Hollywood itu disiarkan Senin (10/2) pagi.

Academy Awards kali ini telah memasuki tahun ke-92. Tapi, sejak kapan pialanya yang berupa patung kecil berlapis emas itu dijuluki Oscar? Bagaimana asal-usulnya?

Academy Award atau yang biasa di sebut Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Organisasi ini memberikan penghargaan kepada insan film dengan pencapaian tertinggi di berbagai kategori.

The Academy berdiri tahun 1927, berawal dari percakapan di rumah pemimpin studio MGM Louis B. Mayer beserta tamunya untuk membuat suatu organisasi yang dapat memajukan industri film. Satu minggu kemudian, disebarlah 36 undangan kepada setiap cabang kreatif dalam industri film untuk mengadakan pertemuan di hotel Ambassador, Los Angeles.

Pertemuan itulah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) atau kerap disingkat menjadi The Academy. Douglas Fairbanks dipilih menjadi Presiden pertama The Academy.

(Baca: Joker Rajai Daftar Nominasi Oscar 2020, Ini Daftar Lengkapnya)

Pertemuan itu juga menyepakati pembentukan komite awal yang terdiri dari tujuh orang untuk membuat kategori penghargaan. Pada awalnya, mereka hanya membuat tujuh kategori penghargaan.

Sesaat setelah terbentuknya The Academy, organisasi ini mengadakan pertemuan lanjutan untuk mendiskusikan beberapa hal termasuk topik. Di antaranya, bagaimana mereka akan memberikan penghargaan sekaligus dukungan bagi insan film dengan pencaipan tertinggi dalam industri film.

Mereka sepakat bahwa pemberian penghargaan ini akan diadakan setiap tahun. Lalu, apa yang akan diberikan? Di sini, Art Director MGM Cedric Gibbons kemudian mendesain patung ksatria yang memegang sebuah pedang yang berdiri di atas gulungan rol film.

Setelah selesai, The Academy memanggil George Stanley, seorang pematung, untuk membuat desain itu menjadi sebuah ukuran tiga dimensi. Pertama kali dibagikan pada 1929, sosok patung perunggu yang berlapis emas 24 karat dengan tinggi 13,5 inch dan berat 3,8 kilogram itu pun menjadi ikonik.

Di lansir dari oscar.org, penghargaan itu mulanya punya nama resmi: Academy Award of Merit. Namun, seperti AMPAS yang disingkat menjadi The Academy, penghargaannya pun kemudian disebut Academy Award.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...