Bill Gates, Orang Terkaya Dunia Yang Rajin Berderma

Pingit Aria
18 November 2019, 17:53
Bill Gates, Pemilik Microsoft
Arief Kamaludin|KATADATA
Bill Gates, Pemilik Microsoft

Bill Gates memuncaki daftar orang terkaya dunia terbaru yang dirilis oleh Bloomberg Billionaires Index dua hari lalu. Ia mengalahkan Jeff Bezos yang berada di peringkat kedua dan Bernard Arnault di peringkat ketiga.

Bloomberg Billionaires Index pertama kali dirilis tujuh tahun lalu, dan sejak itu BiIl Gates selalu masuk peringkat tiga besar. Begitu pula di daftar orang terkaya versi Forbes, pendiri Microsoft ini merupakan penghuni tetapnya sejak 1995, tiga tahun sebelum kelahiran Google.

Advertisement

Ya, Microsoft dengan Windows-nya memang lebih dulu hadir di komputer-komputer sebelum era internet. Google yang belakangan membawa Larry Page dan Sergey Brin menjadi miliuner baru lahir pada 1998.

(Baca: Jezz Bezos Kehilangan Rp 48 Triliun Akibat Perang Mata Uang)

Amazon milik Jeff Bezos memang berdiri sejak 1994. Namun, sebelum menjadi raksasa retail dan komputasi awan seperti sekarang, Amazon merupakan toko buku online. Sedangkan Mark Zuckerberg yang kini menjadi orang terkaya kelima dunia baru mendirikan Facebook sebagai jejaring sosial kampus pada 2004.

Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955. Ayahnya, William Henry Gates II merupakan seorang pengacara di Seattle, sedangkan ibunya Mary Maxwell Gates merupakan dosen di University of Washington. Bill Gates memiliki dua saudara perempuan, yakni Kristanne, dan Libby.

Sejak kecil Bill telah menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer. Saat berusia 13 tahun, ia mulai membuat program komputer pertamanya di Lakeside School. Di sekolah itu pula ia bertemu Paul Allen, sosok yang kemudian merintis Microsoft bersamanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement