Sirkuit Mandalika di Lombok dan Persiapan MotoGP Indonesia 2021

Pingit Aria
7 Oktober 2019, 17:03
Di kawasan pariwisata KEK Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibangun dengan konsep "street circuit" yang merupakan bagian
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Di kawasan pariwisata KEK Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibangun dengan konsep "street circuit" yang merupakan bagian dari Distrik Entertainment dan Sport terpadu seluas 131 ha yang dikembangkan perusahaan global asal Prancis Vinci Construction Grand Project (VCGP) dan pembangunannya direncanakan dimulai Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir 2020.

Ajang MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand pada Ahad (6/10) kemarin membuat penggemar balap motor Indonesia turut antusias. Bagaimana tidak, dalam dua tahun, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah balap motor paling bergengsi dunia itu. Sebelum Thailand, Malaysia telah lebih dulu menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Sepang.

Indonesia mendapat kontrak sebagai tuan rumah MotoGP dengan durasi lima tahun mulai 2021. Kontrak Promoter’s Agreement itu disepakati oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) dan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP pada 28 Januari 2019 lalu.

Advertisement

Persiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP pun dikebut. Pada bulan Mei lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi sirkuit yang berada pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami ingin fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP 2021 itu segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah penetapan lokasi, sehingga kami harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020," katanya, dikutip Antara, Jumat (17/5) lalu.

(Baca: Jalur Cepat Mengantarkan Mandalika ke Pentas Dunia)

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyatakan, Sirkuit Mandalika nantinya akan berkonsep sirkuit jalanan. Artinya, sirkuit ini dapat difungsikan sebagai jalan umum saat tidak digunakan untuk balapan. Sirkuit jalanan ini serupa dengan yang digunakan pada ajang balap Formula1 di Singapura dan Monaco.

Abdulbar mengatakan, proses pengukuran topografi dan penyelidikan tanah untuk pembangunan Mandalika Street Circuit MotoGP 2021 telah selesai. Proses selanjutnya adalah land clearing dan pemagaran sekeliling area sirkuit.

Sedangkan proses konstruksinya akan dimulai dalam waktu dekat. "Kami pastikan pembangunan Mandalika Street Circuit saat ini berjalan sesuai rencana, yaitu memulai konstruksi pada Oktober 2019," ujarnya.

Dalam proses homologasi desain Sirkuit Mandalika, pihak Dorna juga telah menyepakati center line desain sirkuit. Artinya, titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya telah mendapat persetujuan.

Desain tiga dimensi Sirkuit Mandalika itu pun telah diunggah oleh akun resmi @MotoGP di Instagram.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement