Puncak Arus Balik Pertama Libur Natal Diperkirakan Hari Ini

Pingit Aria
27 Desember 2020, 14:03
Kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi di Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020). Jelang libur Pilkada Serentak 2020, ruas jalan tol Jagorawi terpantau padat karena banyaknya warga yang berlibur dan berpergian ke luar kota.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi di Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020). Jelang libur Pilkada Serentak 2020, ruas jalan tol Jagorawi terpantau padat karena banyaknya warga yang berlibur dan berpergian ke luar kota.

Puncak arus balik pertama libur Natal dan tahun baru diprediksi terjadi pada hari ini, Minggu (27/12). Puncak arus balik pertama ini terjadi setelah rangkaian libur akhir pekan panjang yang mulai berlangsung sejak Kamis (24/12).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan yang kembali ke Jakarta dari seluruh jalan tol. Jumlah kendaraan yang kembali ke ibu kota hari ini diperkirakan mencapai 78.887 kendaraan, atau meningkat 13,82% dari lalu lintas normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menyatakkan, mayoritas atau sebanyak 57.404 kendaraan melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama arah Jakarta. Angka itu meningkat 35% dari kondisi normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi waktu perjalanan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (26/12).

Berdasarkan data Jasa Marga, sebanyak 483.072 kendaraan sudah meninggalkan Jakarta sejak 23 Desember 2020 hingga hari natal pada 25 Desember.

Angka itu merupakan akumulasi arus lalu lintas dari beberapa gerbang tol barrier atau utama meliputi, Gerbang Tol Cikupa menuju arah barat, Gerbang Tol Ciawi menuju arah selatan, dan Gerbang Tol Cikampek Utama serta Gerbang Tol Kalihurip Utama menuju arah timur.

Selanjutnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengantisipasi kenaikan lalu lintas pada masa liburan tahun baru yang dimulai pada Kamis, 31 Desember 2020 hingga Minggu, 3 Januari 2021.

Sementara itu, pemerintah terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Indonesia. SImak Databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...