Pengiriman Vaksin Covid-19 Tahap Kedua untuk 900 Ribu Tenaga Kesehatan

Pingit Aria
29 Januari 2021, 10:30
Petugas mempersiapkan vaksin CoronaVac untuk diberikan kepada petugas medis saat vaksinasi COVID-19 dosis kedua di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (28/1/2021). Pemerintah menargetkan realisasi vaksinasi COVID-19 meningkat hingga sebanyak s
ANTARA FOTO/FB Anggoro/rwa.
Petugas mempersiapkan vaksin CoronaVac untuk diberikan kepada petugas medis saat vaksinasi COVID-19 dosis kedua di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (28/1/2021). Pemerintah menargetkan realisasi vaksinasi COVID-19 meningkat hingga sebanyak satu juta orang setiap hari karena sudah tersedia 30.000 petugas vaksinasi yang tersebar di 10.000 Puskesmas dan 3.000 rumah sakit.

Pemerintah telah mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk 900 ribu tenaga kesehatan pada 21-27 Januari 2021. Untuk mengurangi risiko keterlambatan, distribusi vaksin Covid-19 dilakukan melalui dua jalur, darat dan udara.

Estimasi tibanya vaksin di daerah tujuan paling lambat pada 28 Januari 2021. “Total 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 telah dikirimkan pada tahap kedua ini,” kata Juru bicara pemerintah untuk vaksinasi Covid-19, Bambang Heriyanto melalui siaran pers, Jumat (29/1).

Vaksin yang dikirimkan adalah produksi Sinovac. Vaksin dengan merek Coronavac tersebut telah dinyatakan halal dan suci oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Only/EUA) dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (Badan POM).

Distribusi vaksin Covid-19 meliputi keamanan dalam jalur rantai dingin (cold chain) pun telah dilakukan sesuai rekomendasi, yakni pada rentang suhu 2-8 derajat celcius. “Posisi dan suhu selama dalam perjalanan dari Bio Farma hingga titik akhir pengantaran selalu dipantau,” kata Bambang yang merupakan Corporate Secretary PT Bio Farma.

Berikut adalah Databoks pembelian vaksin Sinovac oleh pemerintah Indonesia, dibanding negara lain: 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...