Menteri Sandiaga Bidik Rp 150 Triliun Perputaran Uang Wisatawan Lokal

Pingit Aria
22 Maret 2021, 13:24
Wisatawan menyaksikan pertandingan tinju Bali Boxing Day II di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (20/3/2021). Pemerintah terus berupaya memulihkan pariwisata dari dampak pandemi Covid-19.
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Wisatawan menyaksikan pertandingan tinju Bali Boxing Day II di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (20/3/2021). Pemerintah terus berupaya memulihkan pariwisata dari dampak pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 membuat negara-negara memperketat atau bahkan menutup pintu bagi kunjungan wisatawan asing. Sebagian masyarakat Indonesia yang biasa berlibur ke luar negeri pun tak bisa leluasa melakukannya.

Simak Databoks berikut: 

Di sisi lain, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Mikro masih membuka peluang untuk bepergian di dalam negeri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melihat hal ini sebagai peluang.

Menurut Sandi, uang wisatawan Indonesia yang digunakan untuk berlibur di luar negeri mencapai Rp 150 triliun per tahun. "Ini bisa ambil peluang untuk merealokasi sebagian dana masyarakat yang habis untuk berwisata di luar negeri," kata Sandiaga Uno dalam diskusi virtual DBS Asian Insight dan IDE Katadata 2021, Senin (22/3/2021).

Agar dana itu bisa tetap berputar di Indonesia, pemerintah akan berupaya menarik masyarakat untuk berwisata di dalam negeri. Berbagai infrastruktur dibangun untuk mengembangkan lima destinasi super prioritas.

Kelima destinasi tersebut, antara lain Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. "Yang kami siapkan bukan hanya infrastruktur, tapi juga kami fokuskan ekonomi kreatifnya, atraksi, produk fesyen, kuliner, film, musik, dan sebagainya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Kontribusi PDB

Kontribusi sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2020 diperkirakan berada pada angka 4,1%. Sementara itu, pada 2019 lalu, kontribusi sektor pariwisata sebesar 4,7%.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi

The pandemic has led Indonesia to revisit its roadmap to the future. This year, we invite our distinguished panel and audience to examine this simple yet impactful statement:

Reimagining Indonesia’s Future

Join us in envisioning a bright future for Indonesia, in a post-pandemic world and beyond at Indonesia Data and Economic Conference 2021. Register Now Here!

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...