Kementerian Kesehatan Tunggu Rekomendasi Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Pingit Aria
25 Maret 2021, 11:52
Prajurit TNI AL menutup matanya saat disuntik vaksin COVID-19 di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/3/2021). TNI AL melaksanakan "Penyapuan Vaksinasi COVID-19" terakhir kepada sekitar 5.000 prajurit di wilayah Ja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Prajurit TNI AL menutup matanya saat disuntik vaksin COVID-19 di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/3/2021). TNI AL melaksanakan "Penyapuan Vaksinasi COVID-19" terakhir kepada sekitar 5.000 prajurit di wilayah Jakarta, di antaranya yang akan melaksanakan operasi, yang menjadi awak Kapal Republik Indonesia (KRI), dan para prajurit Marinir yang akan melaksanakan tugas-tugas operasional.

Sementara masyarakat lanjut usia telah mendapat lampu hijau, penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak-anak masih perlu penelitian lanjutan. Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi pemberian vaksin Covid-19 bagi kelompok usia anak dari sejumlah lembaga.

"Kita tunggu dulu rekomendasi baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)," kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Kamis pagi.

Advertisement

Secara terpisah Ketua Umum IDAI, Aman Bhakti Pulungan mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi apapun terkait vaksinasi untuk anak. "Sampai saat ini belum ada data update untuk vaksin anak. Tentu IDAI Belum keluarkan rekomendasi apapun imunisasi untuk anak," katanya.

Aman mengatakan vaksin Sinovac saat ini baru direkomendasikan pada peserta dengan rentang usia 15 hingga 59 tahun. Penggunaan pada lansia pun harus melalui tahapan tertentu, termasuk pemeriksaan tensi dan gula darah serta ada atau tidaknya penyakit penyerta atau komorbid.

IDAI sampai saat ini berharap sejumlah penelitian terkait keamanan vaksin untuk anak dapat segera dipublikasikan. "Kami berharap anak-anak juga bisa divaksin, tapi apakah aman? sangat besar kemungkinan itu aman, tapi sejauh ini data-datanya belum ada," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement