Subsidi Akan Dipangkas, Stok Pupuk Kaltim Masih Aman sampai Akhir 2021

Cahya Puteri Abdi Rabbi
12 April 2021, 16:59
Petani menabur pupuk bersubsidi pada tanaman padi di Aceh Besar, Aceh, Minggu (21/2/2021).
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.
Petani menabur pupuk bersubsidi pada tanaman padi di Aceh Besar, Aceh, Minggu (21/2/2021).

Pemerintah berencana memangkas subsidi pupuk mulai tahun depan. Namun, pemerintah memastikan pasokan pupuk bersubsidi bagi petani masih aman hingga penghujung tahun ini.

Menyambut musim tanam kedua bulan April-Mei 2021, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke pabrik Pupuk Kaltim di Bontang, Kaltim. Hal ini dilakukan untuk memastikan produksi dan stok pupuk subsidi, minimal hingga akhir tahun ini.

“Saya lihat sendiri stok pupuk subsidi sudah sangat cukup, terutama untuk didistribusikan ke wilayah-wilayah operasional Pupuk Kaltim,” kata Harvick dalam keterangan tertulis, Senin (12/4).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, mengatakan bahwa Pupuk Indonesia telah menyiapkan 2,1 juta ton pupuk untuk stok menghadapi musim tanam kali ini.

“Pupuk Indonesia bertanggung jawab dalam penyediaan dan penyaluran pupuk subsidi secara keseluruhan, dimana proses distribusinya dimonitor melalui teknologi Distribution Planning and Control System (DPCS) ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi memastikan perusahaannya menerapkan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...