Semakin Banyak Konsumen Menginginkan Produk Sawit Berkelanjutan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 April 2021, 15:17
Pekerja menimbang tandan buah segar sawit di Kelurahan Purnama Dumai, Riau, Rabu (3/2/2021). Semakin banyak konsumen yang menginginkan produk sawit berkelanjutan.
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/rwa.
Pekerja menimbang tandan buah segar sawit di Kelurahan Purnama Dumai, Riau, Rabu (3/2/2021). Semakin banyak konsumen yang menginginkan produk sawit berkelanjutan.

Minyak sawit merupakan bahan baku berbagai produk, seperti alat kebersihan pribadi, makanan, kosmetik, hingga perlengkapan rumah tangga. Penggunaan yang luas ini dikarenakan produktivitas kelapa sawit yang tinggi dibanding tanaman penghasil minyak nabati lain.

Bagaimanapun, berbagai isu seperti pemanasan global, pembukaan lahan hingga kebakaran hutan membuat lebih banyak konsumen menuntut produk sawit yang mereka gunakan berkelanjutan atau memiliki ekolabel.

Sementara, saat ini ketersediaan produk-produk berekolabel di pasaran memang masih sedikit.

“Konsumen cerdas dapat terwujud jika pilihan produk sawit berekolabel sudah banyak ditemui di pasaran,” kata Dila Hadju, Founder Tumbuhijaurban, dalam webinar “Menjadi #KonsumenCerdas2021 dengan Memilih Produk Kelapa Sawit Berekolabel”, Kamis (22/4).

Ia mengatakan, kesadaran konsumen Indonesia terhadap produk yang baik dan bekelanjutan semakin meningkat. “Jadi dengan sesederhana membeli produk berekolabel mudah-mudahan, kami sebagai konsumen bisa ikut membantu untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan,” ujarnya.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...