Netflix Dominasi Perolehan Oscar Saat Bioskop Terpukul Pandemi

Pingit Aria
26 April 2021, 15:43
Ilustrasi Netflix
Google Play Store
Ilustrasi Netflix

Pandemi Covid-19 telah memukul bisnis bioskop hampir sepanjang 2020. Penggemar film pun semakin banyak yang beralih ke layanan streaming seperti Netflix.

Punya banyak uang dari bertambahnya jumlah pelanggan streaming, Netflix pun jor-joran dalam produksi film berkualitas. Kini, tak hanya merebut pemirsa sinema, Netflix juga mendominasi perolehan Oscar. Netflix memperoleh 7 piala Oscar dari total 36 nominasi, mengalahkan rumah-rumah produksi konvensional yang mendistribusikan filmnya melalui jaringan bioskop.

Advertisement

Bagaimanapun, Netflix gagal memboyong piala dalam kategori paling bergengsi, film terbaik dan kategori akting.

Di antara film yang mendukung kesuksesan Netflix adalah Mank yang memperoleh 10 nominasi dan memenangkan dua Oscar untuk sinematografi (Erik Messerschmidt) dan desain produksi (Donald Graham Burt dan Jan Pascale). Kemudian ada Ma Rainey's Black Bottom yang juga meraih dua piala, yakni untuk tata rias dan tata rambut (Mia Neal, Jamika Wilson dan Sergio Lopez-Rivera) dan desain kostum (Ann Roth).

Di bawah Netflix, Disney secara keseluruhan tahun ini memboyong lima piala. Film Nomadland dari Searchlight Pictures meraih tiga Oscar (film terbaik, sutradara terbaik untuk Chloé Zhao dan aktris untuk Frances McDormand) dan Disney-Pixar mendapat dua piala untuk film Soul (film fitur animasi dan musik terbaik) yang ditayangkan pada layanan streaming Disney Plus.

Sementara Warner Bros memiliki tiga kemenangan, dua untuk Judas and The Black Messiah (aktor pendukung untuk Daniel Kaluuya) dan lagu ‘Fight For You’ oleh H.E.R, dan satu untuk Tenet (efek visual).

Simak Databoks berikut: 

Sound of Metal dari Amazon Studios meraih dua kemenangan, yaitu edit film dan suara. Amazon sebenarnya mendapatkan total 12 nominasi. Sony Pictures Classics mendapatkan penghargaan untuk The Father (Anthony Hopkins untuk aktor dan skenario adaptasi).

Apple memiliki dua nominasi untuk Wolfwalkers dan Greyhound, dan satu nominasi untuk Hulu (untuk Andra Day dalam The United States vs. Billie Holiday), tetapi mereka gagal mendapatkan Oscar.

Daftar Pemenang Oscar 2021

Ajang penghargaan Oscar 2021 telah digelar di Hollywood's Dolby Theatre, Los Angeles, AS, Minggu (25/4) waktu setempat. Nomadland terpilih menjadi film terbaik dalam gelaran Oscar tahun ini. Sang sutradara, Chloe Zhao, menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik.

Berikut daftar lengkap pemenang Piala Oscar 2021:

Original Screenplay: Emerald Fennell (Promising Young Woman)

Adapted Screenplay: Christopher Hampton dan Florian Zeller (The Father)

International Feature Film: Another Round (Denmark)

Actor in a Supporting Role: Daniel Kaluuya (Judas and the Black Messiah)

Makeup and Hairstyling: Sergio Lopez-Rivera, Mia Neal, dan Jamika Wilson (Ma Rainey's Black Bottom)

Costume Design: Ann Roth (Ma Rainey's Black Bottom)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement