Industri Manufaktur Menggeliat, Tampung Investasi Rp 88 Triliun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 April 2021, 11:42
Pekerja memantau produksi tisu basah yang dibuat dengan mesin di PT The Univenus Cikupa, Tangerang, Banten, Rabu (11/11/2020). Kementerian Perindustrian menyatakan pertumbuhan sektor industri manufaktur di kuartal III-2020 sebesar 5,25 persen dibandingkan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Pekerja memantau produksi tisu basah yang dibuat dengan mesin di PT The Univenus Cikupa, Tangerang, Banten, Rabu (11/11/2020). Kementerian Perindustrian menyatakan pertumbuhan sektor industri manufaktur di kuartal III-2020 sebesar 5,25 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Indonesia dinilai masih menjadi negara tujuan investasi bagi sejumlah industri skala global. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sepanjang triwulan pertama 2021, nilai investasi yang direalisasikan oleh industri pengolahan mencapai Rp 88,3 triliun. Angka itu naik 38% dibanding capaian pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 64 triliun.

“Dengan demikian, sektor manufaktur memberikan kontribusi signifikan hingga 40,2% terhadap total nilai investasi di Indonesia yang mencapai Rp 219,7 triliun,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya, Selasa (27/4).

Rincian nilai investasi sektor industri manufaktur pada triwulan I-2021, yaitu berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 23 triliun serta penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 65,3 triliun. Capaian tersebut melonjak dibanding perolehan pada periode yang sama tahun lalu, yakni PMDN sekitar Rp 19,8 triliun dan PMA Rp 44,2  triliun.

Adapun dua sektor manufaktur yang mencatatkan performa gemilang dalam menyerap investasi sepanjang kuartal pertama tahun ini adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya sebesar Rp27,9 triliun atau berkontribusi 12,7% serta industri makanan sebesar Rp21,7 triliun (9,9%).

“Kami sangat mengapresiasi para pelaku industri yang masih semangat untuk melakukan ekspansi di tanah air, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Ini akan membawa multiplier effect bagi upaya pemulihan ekonomi nasional,” kata Agus.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...