Pengunjung Bioskop Mulai Meningkat Setelah Lebaran

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 Mei 2021, 09:02
Seorang penonton duduk dengan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan di dalam studio pada harõ pertama pembukaan kembali Bioskop CGV di Rita Supermall Purwokerto, Banyumas, Jateng, Sabtu (3/4/2021). Tim Kordinator Satgas COVID-19 Kabupaten Banyuma
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/aww.
Seorang penonton duduk dengan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan di dalam studio pada harõ pertama pembukaan kembali Bioskop CGV di Rita Supermall Purwokerto, Banyumas, Jateng, Sabtu (3/4/2021). Tim Kordinator Satgas COVID-19 Kabupaten Banyumas mengizinkan bioskop untuk beroperasi kembali, dengan menerapkan protokol kesehatan dan dibatasi 50 persen dari kapasitas normal.

Jumlah pengunjung bioskop mulai meningkat setelah Hari Raya Idul Fitri. Pengelola tetap berupaya menjaga protokol kesehatan di dalam area bioskop.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menyatakan, pengelola kini bisa mencatatkan omzet di atas Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per hari dari setiap gedung bioskop.

Jumlah ini disebutnya meningkat cukup signifikan dibanding sebelum lebaran. “Pada periode sebelum lebaran, omzet harian kami hanya Rp 2 juta per hari,” kata Djonny kepada Katadata, Kamis (20/5). 

Bagaimanapun, perolehan ini masih sangat jauh dibandingkan masa sebelum pandemi. “Omzet harian kami sebelum pandemi bisa mencapai Rp 45 juta – Rp 50 juta per hari,” ujarnya.

Sebagai informasi, GPBSI mewakili para pengusaha bioskop yang mengelola Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, Flix Cinema, Kota Cinema, Lotte Cinema, New Star Cineplex, dan bioskop independen.

Data terakhir GPBSI, pada Oktober 2020 silam, jaringan bioskop Cinema XXI memiliki 218 gedung dan 1.182 layar dan CGV memiliki 68 gedung dan 397 layar. Sementara, jaringan bioskop Cinepolis punya 62 gedung yang terdiri dari 308 layar, sedangkan New Star Cineplex punya 27 gedung dan 58 layar.

Kemudian, jaringan bioskop Platinum sebanyak 10 gedung dan 34 layar. Sementara itu, jumlah layar bioskop independen seperti Dakota Cinema, Flix Cinema, Kota Cinema, dan Lotte Cinema akan ditinjau kembali. Namun, perkiraanya sekitar 22 gedung dengan 75 layar.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...