Munas Kadin Digelar Pekan Depan, Arsjad dan Anindya Bersaing Ketat

Pingit Aria
24 Mei 2021, 17:44
Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid (kanan) menyambut kedatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi (kedua kanan) dan Ketua KADIN Sumbar, Ramal Saleh (kiri) saat kegiatan buka bersama di Padang, Sumatera Ba
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid (kanan) menyambut kedatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi (kedua kanan) dan Ketua KADIN Sumbar, Ramal Saleh (kiri) saat kegiatan buka bersama di Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/4/2021).

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar musyawarah nasional atau Munas pada 2-4 Juni 2021. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri pertemuan tersebut di Bali.

Agenda utama Munas Kadin kali ini adalah untuk memilih ketua umum, menggantikan Rosan Perkasa Roeslani yang akan ditunjuk sebagai calon Duta Besar Amerika Serikat (AS). Ada dua calon Ketum yang kini bersaing ketat: Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

Advertisement

Arsjad Rasjid merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk. Sedangkan Anindya Bakrie merupakan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya telah 15 tahun berkiprah dalam kepengurusan Kadin, sementara Arsyad baru 2 tahun.

Arsjad mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum Kadin pada Jumat, 26 Maret 2021. Sejumlah tokoh nasional hadir dalam acara yang digelar di Hutan Kota Plataran, Jakarta itu. Di antaranya, Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Ketiga tokoh itu juga yang pada Selasa (18/5) pekan lalu Bersama Arsjad menemui Presiden Jokowi di Istana. Mereka meninjau pelaksanaan perdana program Vaksinasi Gotong Royong yang merupakan program pemerintah bersama Kadin.

Simak Databoks berikut: 

Kemudian, Arsjad bertolak ke Sulawesi Tengah dan bertemu dengan Ketua Umum Provinsi Sulawesi Tengah, M Nur Rahmatu. Selain itu, ia juga menghadiri acara halal bihalal dengan Kadin Provinsi Sulawesi Tengah yang lagi-lagi dihadiri oleh Lutfi dan Bahlil.

“Seluruh anggota Kadin Provinsi Sulawesi Tengah sepakat memutuskan untuk mendukung saya sepenuh hati dalam Munas ke-8 Kadin Indonesia,” kata Arsjad melalui akun instagram pribadinya, @arsjadrasjid.

Pada 22 Mei 2021, Rasjid bertemu dengan Ketua Umum Kadin NTT Paul Lianto dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi. Ia mengisi kegiatannya dengan memberikan kuliah umum di Universitas Citra Bangsa dan meninjau pembangunan Harper Hotel Kupang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement