Bulog Gandeng TaniHub dalam Distribusi dan Pemasaran Produk

Dalam kerja sama ini, Tanihub juga akan membantu pembiayaan petani binaan Bulog.
Image title
25 Mei 2021, 15:55
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo (tengah) berdialog dengan Pemimpin Cabang Bulog Kedu Meizarani (kedua kiri) saat inspeksi mendadak kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri di gudang Bulog Bengkal, Kranggan, Temanggung, Jateng, Senin (3/5/2021). Bulo
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo (tengah) berdialog dengan Pemimpin Cabang Bulog Kedu Meizarani (kedua kiri) saat inspeksi mendadak kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri di gudang Bulog Bengkal, Kranggan, Temanggung, Jateng, Senin (3/5/2021). Bulog Sub Divisi Regional Wilayah V Kedu memastikan ketersediaan bahan pokok di antaranya beras, minyak goreng, tepung terigu dan daging di wilayah eks Karesidenen Kedu dalam kondisi aman selama satu bulan ke depan.

Bulog dan startup Pertanian TaniHub bekerja sama dalam pengembangan ekosistem ketahanan pangan nasional. Kerja sama ini meliputi berbagai sektor dari pemanfaatan jaringan distribusi gudang, pemasaran produk, hingga pembiayaan petani.

Kesepakatan tersebut ditandatangani dalam nota kesepahaman oleh Direktur Bisnis Perum Bulog dengan CEO TaniHub Group. Kedua belah pihak meyakini bahwa kerjasama tersebut akan menciptakan “competitive advantages” yang sangat besar bagi ekosistem ketahanan pangan nasional.

Seperti diketahui, Bulog memiliki jaringan dan sistem pergudangan dengan cakupan yang sangat luas di seluruh Indonesia. Sementara Tanihub Group memiliki pengalaman dan kemampuan teknologi terdepan di bidang agritech.

Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita mengatakan, kolaborasi juga menyangkut kerjasama dalam bentuk pembiayaan bagi petani binaan Bulog, penyerapan dan pemasaran produk-produk petani binaan Bulog.  Selain menyerap hasil petani Bulog, TaniHub Group juga akan memasok produk segar untuk seluruh gerai milik Bulog.

Advertisement

“Harapan saya, penandatanganan Nota Kesepahaman ini akan menjadi awal dari kerjasama yang lebih luas lagi, terutama dalam menciptakan perbaikan ekosistem pertanian yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan seluruh mitra binaan Bulog dan TaniHub”, kata Febby Novita dalam keterangan resminya, Selasa (25/5).

Simak Databoks berikut: 

Sementara itu, CEO TaniHub Group, Pamitra Wineka, mengatakan bahwa TaniHub dan Bulog punya banyak kesamaan dalam visi besar untuk pertanian dan pangan di Indonesia. “Kami berharap Kerjasama ini bisa membuat kami saling mengisi satu sama lain, mulai dari Kerjasama infrastruktur, teknologi, pembiayaan, hingga kepada akses pasar yang luas kepada petani binaan Bulog,” ujarnya.

Pamitra berharap, kerja sama ini akan memperbaiki ekosistem pertanian yang berujung pada kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan yang bermitra dengan kedua belah pihak, baik Bulog maupun TaniHub Group.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait