Pemerintah Daerah Borong Kursi Pesawat untuk Bantu Bisnis Penerbangan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Juni 2021, 12:37
bisnis penerbangan, pesawat, tiket pesawat, garuda
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Calon penumpang pesawat bersiap melakukan lapor diri sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (4/6/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang diberangkatkan pada April 2021 sebanyak 2,8 juta orang, naik 5,62 persen dibanding Maret 2021, jumlah penumpang tujuan luar negeri (internasional) juga naik 6,88 persen menjadi 43.500 orang di seluruh Indonesia.

Data Kementerian Perhubungan, pergerakan pesawat di Indonesia mulai membaik, meski belum sepenuhnya pulih dari dampak pademi Covid-19. Untuk membantu industri penerbangan, sejumlah instansi dan pemerintah daerah memborong tiket pesawat atau block seat.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, secara nasional, pergerakan pesawat sudah mencapai 60% jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Advertisement

“Sedangkan di Soekarno-Hatta kira-kira di atas 50% dibandingkan masa normal. Ini sudah ada satu kenaikan dari masa awal pandemi yang pergerakannya sangat rendah,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6).

Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terus berupaya membuat kebijakan untuk mendorong pemulihan sektor penerbangan di tengah pandemi.

“Kami ingin pastikan bahwa pergerakan dari Jakarta menuju ke sejumlah Provinsi harus terjadi secara regular, apakah setiap hari atau dua hari sekali, tetap harus dilakukan pelayanan,” kata dia.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement