Pemerintah Siapkan Tempat Isolasi Covid-19 Jika Wisma Atlet Penuh

Pingit Aria
18 Juni 2021, 20:00
Petugas merapikan mesin sinar ultra violet di Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Pemerintah menyiapka sejumlah lokasi untuk menjadi fasilitas isolasi pasien Covid-19 jika Wisma Atlet penuh.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas merapikan mesin sinar ultra violet di Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Pemerintah menyiapka sejumlah lokasi untuk menjadi fasilitas isolasi pasien Covid-19 jika Wisma Atlet penuh.

Pemerintah mempercepat penambahan fasilitas isolasi pasien Covid-19 menyusul makin tingginya tingkat penularan terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Ribuan tempat tidur kini sedang dipersiapkan.

Di DKI Jakarta, setidaknya ada lima lokasi isolasi yang disiapkan jika Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet penuh. Kelimanya adalah Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di Jakarta Selatan, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan,  dan Rumah Susun Pasar Jumat di Jakarta Selatan.

Advertisement

"Ini semua fasilitas yang sudah disediakan dan secara bertahap akan digunakan kalau nanti Wisma Atlet sudah penuh. Total fasilitas mencapai 8.000 tempat tidur,"ujar Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi saat melakukan peninjauan bersama Kepala BPBD DKI Sabdo Kurnianto, Jumat (18/7).

Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR di atas tanah milik Pemda DKI Jakarta merupakan lokasi pertama yang dikunjungi Dody hari ini. Di tempat ini, hampir 4.000 tempat tidur dengan fasilitas standar sudah tersedia.

Setelah meninjau sejenak tempat ini, Dody melanjutkan pengecekan ke Asrama Haji di Jakarta Timur. Di tempat yang biasanya untuk transit para jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci, setidaknya 780 tempat tidur sudah siap dipakai untuk para calon pasien.

Berikut Databoks penambahan kasus Covid-19 di Jakarta: 

Selanjutnya, Dody meninjau lokasi di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sini, 33 kamar dengan 100 tempat tidur sudah disiapkan. Bahkan, saat ini 29 pasien tanpa gejala tengah menjalani perawatan dan rencana akan terus bertambah hari ini menjadi 40 orang.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement