PT PSN Mulai Pasarkan Internet dari Satelit Nusantara Satu

Internet berbasis satelit disebut lebih sesuai untuk daerah terpencil.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
2 November 2019, 08:53
(ki-ka) Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono, Direktur Keuangan PSN Ravi Talwar, General Manager of Marketing PSN Meidyanto A, Space System Group Head PSN Johanes Indri dalam konferensi pers peluncuran Satelit Nusantara Sat
Katadata/Cindy Mutia
(ki-ka) Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono, Direktur Keuangan PSN Ravi Talwar, General Manager of Marketing PSN Meidyanto A, Space System Group Head PSN Johanes Indri dalam konferensi pers peluncuran Satelit Nusantara Satu di Jakarta, Jumat (22/2).

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mulai memasarkan solusi internet Ubiqu dari satelit Nusantara Satu yang baru diorbitkan pada awal tahun ini. Karena berbasis satelit, Ubiqu dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini susah sinyal, seperti di pulau terluar, gunung, hutan, dan lokasi terpencil lainnya.

Direktur Niaga PSN Agus Budi Tjahjono mengatakan, Ubiqu sebenarnya telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun, baru tahun ini internetnya berasal dari Nusantara Satu yang berteknologi High Throughput Satellite (HTS).

“Ini membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau dibanding provider sejenis lainnya di Indonesia, karena memiliki kuota yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi, namun lebih hemat di kantong,” kata Agus melalui siaran pers, Jumat (1/11).

Sejak 2017, Ubiqu telah dipasang di ribuan titik yang selama ini belum terjangkau jaringan komunikasi terrestrial seperti radio, GSM, kabel, atau fiber optik. Menurut Agus, selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat memancarkan internet.

(Baca: Palapa Ring Beroperasi, Konsumsi Internet Diprediksi Tak Naik Pesat)

Internet memang bukan masalah bagi masyarakat di perkotaan. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi. “PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.

General Manager Marketing PSN Meidiyanto Andwiputro menjelaskan, dengan menggunakan satelit Nusantara Satu, Ubiqu menawarkan beberapa paket, yakni Ubiqu Xtra: Xtra Kuota, Xtra Cepat, Xtra Hemat.

Ubiqu memiliki tantangan, yakni pada proses pendistribusian dan pemasangan perangkat satelitnya ke pelosok. “Ubiqu murni produk komersial yang dikeluarkan PSN, namun kami juga memiliki tugas untuk terus melayani masyarakat dan membantu pemerintah dengan melakukan pemerataan komunikasi,” kata Meidiyanto.

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) bergerak dalam sektor bisnis telekomunikasi dan informasi berbasis satelit serta menyediakan berbagai solusi telekomunikasi dan multimedia. PSN menyediakan layanan komunikasi data melalui satelit  untuk industri selular, perbankan, perkebunan dan lain-lain melalui teknologi VSAT atau SCPC.

(Baca: Pemerintah Teken Perjanjian Kerja Sama Satelit Satria)

PSN merupakan perusahaan satelit swasta pertama dan satu dari 5 operator satelit di Indonesia. PSN juga mempelopori inovasi memperpanjang usia satelit, operasi Inclined Orbit Satellite, Tracking Antenna System dan Mobile VSAT (MVSAT) -- sistem antena VSAT mobile pertama dengan teknologi auto-pointing yang dibuat oleh Indonesia.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait