Upbit dan GoPax, Dua Bursa Cryptocurrency Asal Korsel Masuk Indonesia

Aset Kripto telah ditetapkan sebagai komoditi yang dapat dijadikan subjek kontrak berjangka di bawah pengawasan Bappebti.
Desy Setyowati
29 Januari 2019, 18:51
Bitcoin
PXHERE.com

Memasuki 2019, pasar Indonesia kedatangan dua bursa penukaran mata uang virtual (cryptocurrency) asal Korea Selatan (Korsel), yakni Upbit dan GoPax. Keduanya masuk setelah Kementerian Perdagangan (Kemendag) merilis aturan terkait aset kripto (crypto asset).

Aturan itu berupa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 99 Tahun 2018 yang dirilis pada 20 September 2018. Aset kripto ditetapkan sebagai komoditi yang dapat dijadikan subjek kontrak berjangka. Maka, kripto bisa diperdagangkan di bursa berjangka dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Kami optimistis Indonesia akan memainkan peran utama dalam strategi ekspansi Upbit di Asia Pasifik," ujar CEO Upbit APAC Alex Kim di Restoran Suasana, Jakarta, Selasa (29/1).

(Baca: Malaysia Legalkan Penawaran dan Perdagangan Cryptocurrency)

Advertisement

Menurut dia, ekosistem dan potensi aset kripto di Indonesia cukup positif. "Kami tertarik untuk investasi di Indonesia. Kami memahami besarnya peluang di Indonesia. Blockchain juga tumbuh di Indonesia," kata dia.

Ia menegaskan, platform-nya dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan yang mumpuni. Upbit pun sudah memeroleh tiga sertifikasi keamanan informasi dari Organisasi Standardisasi Internasional. "Kami target konsumen yang sudah membeli cryptocurrency," ujarnya.

Upbit memperdagangkan cryptocurrency seperti bitcoin dan ripple berbasis rupiah secara real-time untuk lebih dari 150 kripto aset. Upbit bisa diakses melalui situs maupun aplikasi di App Store dan Google Play Store.

Business Development Head of Upbit Indonesia Resna Raniadi menjamin tiga hal yakni infrastruktur, keamanan, dan kepatuhan terhadap aturan yang lebih baik. "Di awal ada password dan otentifikasi dari Google untuk keamanan," ujarnya.

(Baca: Mata Uang Kripto Bakal Diatur Sebagai Aset Digital di Bursa Berjangka)

Selain Upbit, bursa pertukaran cryptocurrency asal Korsel GoPax juga akan masuk Indonesia pekan ini. Bila Upbit mengklaim sebagai bursa terbesar di Korsel. GoPax mengklaim perusahaannya sebagai bursa cryptocurrency terbesar ke lima di Korsel, dengan volume perdagangan mencapai 5 ribu bitcoin sehari.

Selain dari Korsel, bursa pertukaran cryptocurrency asal Singapura Liqnet juga masuk ke pasar Indonesia awal tahun ini. Liqnet menawarkan alternatif bursa yang menggunakan mekanisme LEN (Liquidity Exchange Network) atau jaringan penukaran likuiditas.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait