Telkomsel Proyeksi Trafik Data Naik 20% saat Natal dan Tahun Baru

Telkomsel memastikan jaringannya mampu mengakomodasi kenaikan traffic tersebut.
Desy Setyowati
17 Desember 2018, 17:00
telkomsel.jpg

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkirakan, trafik layanan data bakal melonjak 20% pada saat puncak Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Mayoritas layanan data digunakan untuk mengunggah media berupa foto dan video.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menyampaikan, Natal dan Tahun Baru menjadi momen bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Alhasil, biasanya permintaan layanan data meningkat.

Telkomsel memastikan kondisi jaringan mampu mengakomodasi kenaikan permintaan tersebut. "Penggunaan layanan data yang biasanya untuk mengunggah foto atau video saat pergantian tahun, kami jamin kelancarannya,” kata dia dalam siaran pers, Senin (17/12).

Bob memperkirakan, trafik layanan data untuk mengunggah ataupun membuka video meningkat 31%. Selain itu, pengguna memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial dan pesan instan. Sebagian lagi menggunakan data untuk mendengarkan musik secara streaming dan bermain gim online.

Advertisement

(Baca: Doku Gandeng Telkomsel dan Neostar Guna Tingkatkan Transaksi)

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi meningkat lebih dari 0,5% pada periode ini. Sementara itu, trafik layanan suara diperkirakan menurun tipis sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Oleh karena itu, Telkomsel memaksimalkan lebih dari 184 ribu Base Transceiver Station (BTS) di Indonesia.  Selain itu, Telkomsel menyiagakan lebih dari 51 ribu eNode B atau BTS kapasitas 4G di lebih dari 500 kota dan kabupaten. "Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima," ujar dia.

Sebanyak 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS ditempatkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Selain itu, Telkomsel membangun 776 BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Telkomsel juga melakukan optimalisasi jaringan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Titik itu di antaranya alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall, pusat perbelanjaan, jalur tol, dan bandara.

(Baca: Telkomsel Gandeng Kinetica untuk Kembangkan Big Data)

Setidaknya, ada 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan yakni Lapangan Merdeka, Medan; Engku Putri, Batam; Benteng Kuto Besak, Palembang; Ancol, Jakarta; Summarecon Mall, Serpong; Kebun Raya Bogor, Pangandaran, Ciamis; Malioboro, Yogyakarta; Wisata Pemandian Gumul, Kediri; Pantai Kuta, Bali; Lapangan Merdeka, Balikpapan; Megamas Mall, Manado; dan, Lapangan Merdeka, Ambon.

Telkomsel juga menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Telkomsel juga menggelar program khusus pelanggan selama Desember 2018 hingga Januari 2019, seperti Pesta Akhir Tahun, Paket Data Deal 25 Gb, Paket Smartphone TAU Lite 6, dan Main Game Seru.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait