Facebook Segera Luncurkan Aplikasi Kencan Online

Desy Setyowati
3 Mei 2018, 15:59
Facebook
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville
Seorang perempuan menunggu lift di kantor Facebook, London, Inggris, (4/12)

Facebook akan meluncurkan aplikasi kencan online yang diberi nama 'Dating Home'. Hal itu ia sampaikan CEO Facebook Mark Zuckerberg pada saat ajang tahunan Facebook F8 di Amerika Serikat (AS).

Dalam presentasinya, Zuckerberg menyatakan aplikasi kencan ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mencari jodoh. "Ada 200 juta orang di Facebook yang mencantumkan diri mereka sebagai lajang. Jadi jelas ada sesuatu yang harus dilakukan di sini," ujar dia dikutip dari Reuters, Selasa (1/5) waktu setempat.

Ia menyampaikan, strategi ini bertujuan untuk membangun kembali popularitas Facebook di kalangan pengguna yang lebih muda. Apalagi, Facebook mencatat waktu yang dihabiskan pengguna turun menjadi 50 juta jam per hari tahun lalu. Dengan adanya aplikasi ini, ia berharap orang akan lebih sering mengunjungi situs tersebut dan Facebook. 

Nantinya, fitur Dating di Facebook ini mirip aplikasi Tinder dan Bumble. Hanya, ia menekankan bahwa layanan kencan ini fokus pada privasi. Sebab, urusan percintaan adalah subjek sensitif bagi setiap orang. 

(Baca juga: Susul Facebook, Instagram Bakal Izinkan Pengguna Mengunduh Data Mereka)

Setelah pengumuman ini, saham Facebook naik 1,1% menjadi US$ 173,86, pada Selasa lalu. Sedangkan saham Match Group Inc pemilik aplikasi kencan Tinder dan OkCupid ditutup turun 22%. Saham perusahaan induk Match Group, IAC pun turun lebih dari 17%. Sparks Networks, pemilik JDate dan ChristianMingle, sahamnya juga turun 7,3 %.

Menurut laporan CNBC, fitur Dating membuat pengguna Facebook seolah memiliki dua akun. Akun Dating Home akan terpisah dari akun Facebook. Berbeda dengan di Facebook, pengguna hanya akan menggunakan nama depan di profil Dating. Dengan begitu, teman-teman di Facebook tak akan tahu kalau pengguna ternyata mengakses aplikasi perjodohan itu. 

Kotak masuknya pun dibuat terpisah. Kotak masuk di fitur Dating tidak bisa dipakai untuk mengirim foto maupun tautan, hanya untuk saling berbalas teks. Fitur Dating juga menggunakan algoritma untuk mencari kecocokan dengan kategori tertentu.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait