Ratri Kartika W.
29 Juni 2022, 11:48

Video: Jokowi Bertolak Ke Ukraina, Melaksanakan Misi Perdamaian

Presiden Joko Widodo bertolak ke Kyiv, Ukraina pada Selasa, 28 Juni 2022, pukul 21.15 waktu setempat dari Stasiun Przemysl Glowny, Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh pemerintah Ukraina. Jokowi ditemani rombongan terbatas yakni Ibu Iriana, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Rombongan juga dikawal oleh pengamanan bersenjata laras panjang.

Dalam perjalanan ini Jokowi direncanakan akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menyampaikan misi perdamaian setelah perang antara Rusia dan Ukraina berkecamuk yang sudah berlangsung hampir setengah tahun. Perang ini mengakibatkan seluruh dunia mengalami krisis kemanusiaan, krisis pangan dan energi yang berdampak pada stabilitas ekonomi global.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi dalam pernyataan pers di sela-sela memenuhi undangan KTT G7 pada Minggu (26/6).

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiev, ibu kota Ukraina keesokan harinya setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama 12 jam.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.