Ratri Kartika W.
19 September 2022, 16:00

Video: Perjalanan dari Kompor Minyak Tanah Hingga Kompor Listrik

Konversi energi selalu jadi program pemerintah untuk mengurangi pemakaian energi fosil ke energi ramah lingkungan. Indonesia pernah mengalami konversi dari penggunaan minyak tanah (mitan) di tingkat rumah tangga ke penggunaan kompor gas. Program ini dilakukan pemerintah sejak 2007 silam dengan membagikan paket kompor LPG gratis ke 40 juta kepala keluarga penerima manfaat, serta menyediakan 100 juta tabung LPG (elpiji) 3 kg di pasaran.

Tujuan konversi ini untuk mengurangi subsidi mitan yang ongkos produksi setara dengan bahan bakar pesawat, Avtur. Kala itu konsumsi mitan mencapai 12 juta kilo liter dengan subsidi mencapai Rp 25 triliun per tahun.

Kini pemerintah kembali merencanakan konversi energi di tingkat rumah tangga dari penggunaan elpiji ke listrik. Rencananyaa pemerintah akan membagikan paket kompor listrik ataupun induksi 1.000 watt selama 5 tahun ke depan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.