Manfaat Jahe Merah serta Cara Konsumsinya yang Baik dan Benar

Siti Nur Aeni
19 Agustus 2021, 18:15
Manfaat Jahe Merah serta Cara Konsumsinya yang Baik dan Benar
instagram.com/jahemerah_asli
Jahe merah merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan untuk obat herbal.

Jahe merah salah satu jenis jahe yang banyak dijumpai di Indonesia. Kulit tanaman herbal ini berwarna hijau kemerahan dan dagingnya merah mudah. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jahe pada umumnya. Hanya saja rasa pahit dan pedasnya lebih terasa karena kandungan minyak astirinya lebih banyak.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe merah biasanya digunakan untuk obat herbal. Kandungan gingerol, flavonoid, senyawa antibakteri, senyawa anti radang, dan kandungan baik lainnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan. Beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan sebagaimana dijelaskan dalam laman hellosehat.com, sebagai berikut.

1. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Jahe merah dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah pada saluran pencernaan. Sejak dahulu rimpang yang satu ini memang menjadi pilihan obat herbal untuk mengatasinya. Ekstrak minyak jahe memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membunuh berbagai bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan seperti E. coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

2. Mengatasi Nyeri pada Sendi dan Otot

Jahe merah bisa mengatasi rasa nyeri pada sendi dan otot. Sifat anti radang berperan penting untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe yang digunakan selama 10 hari bisa mengurangi nyeri otot pada atlet takraw. Penelitian di American of Rheumatology juga membuktikan bahwa ekstrak jahe bisa mengurangi masalah sendi dan otot lainnya seperti osteoarthritis.

Kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron di dalam jahe merah yang berperan penting dalam menurunkan leukotrien dan portaglandin yang merupakan pemicu radang. Kandungan jahe merah lainnya yang juga bersifat anti radang yaitu oleoresin yang cukup tinggi.

3. Meningkatkan Kesuburan pada Laki-laki

Manfaat jahe merah  lainnya yakni meningkatkan keseburan khususnya pada laki-laki.  Penelitian di Fakultas Farmasi UGM menyebutkan bahwa kandungan minyak atisir di dalam jahe merah ini memberikan efek afrodisiak.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...