Manfaat Jahe Merah serta Cara Konsumsinya yang Baik dan Benar

Jahe merah biasanya digunakan untuk obat herbal karena memiliki banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat jahe merah sebagai berikut.
Image title
19 Agustus 2021, 18:15
Manfaat Jahe Merah serta Cara Konsumsinya yang Baik dan Benar
instagram.com/jahemerah_asli
Jahe merah merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan untuk obat herbal.

Jahe merah salah satu jenis jahe yang banyak dijumpai di Indonesia. Kulit tanaman herbal ini berwarna hijau kemerahan dan dagingnya merah mudah. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jahe pada umumnya. Hanya saja rasa pahit dan pedasnya lebih terasa karena kandungan minyak astirinya lebih banyak.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe merah biasanya digunakan untuk obat herbal. Kandungan gingerol, flavonoid, senyawa antibakteri, senyawa anti radang, dan kandungan baik lainnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan. Beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan sebagaimana dijelaskan dalam laman hellosehat.com, sebagai berikut.

1. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Jahe merah dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah pada saluran pencernaan. Sejak dahulu rimpang yang satu ini memang menjadi pilihan obat herbal untuk mengatasinya. Ekstrak minyak jahe memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membunuh berbagai bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan seperti E. coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

2. Mengatasi Nyeri pada Sendi dan Otot

Jahe merah bisa mengatasi rasa nyeri pada sendi dan otot. Sifat anti radang berperan penting untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe yang digunakan selama 10 hari bisa mengurangi nyeri otot pada atlet takraw. Penelitian di American of Rheumatology juga membuktikan bahwa ekstrak jahe bisa mengurangi masalah sendi dan otot lainnya seperti osteoarthritis.

Advertisement

Kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron di dalam jahe merah yang berperan penting dalam menurunkan leukotrien dan portaglandin yang merupakan pemicu radang. Kandungan jahe merah lainnya yang juga bersifat anti radang yaitu oleoresin yang cukup tinggi.

3. Meningkatkan Kesuburan pada Laki-laki

Manfaat jahe merah  lainnya yakni meningkatkan keseburan khususnya pada laki-laki.  Penelitian di Fakultas Farmasi UGM menyebutkan bahwa kandungan minyak atisir di dalam jahe merah ini memberikan efek afrodisiak.

Afrodisiak adalah zat kimia yang digunakan untuk merangsang seksualitas dan melancarkan aliran darah. Senyawa ini penting terutama pada pria karena bisa memicu ereksi. Selain itu, antioksidan di dalam rimpang ini mempunyai aktivitas androgenik. Hal inilah yang memicu produksi terstosteron pada pria dan meningkatkan kesuburan.

4. Mengatasi Asam Urat

Jahe merah juga memiliki kemampuan untuk mengatasi asam urat. Penyakit ini cukup menggangu dan sering dikeluhkan banyak orang. Rimpang jahe merah dapat mengurangi peradangan serta asam yang menumpuk pada urat dan melancarkan sirkulasi darah. Jika asam urat menurun, rasa nyeri yang muncul akan menghilang secara bertahap. Hal tersebut sesuai dengan International Journal of Scientific dan Technologi (2017), yang menyebutkan jahe merah bisa mengurangi rasa nyeri karena asam urat pada lansia secara bertahap.

Cara Konsumsi Jahe Merah

Setelah mengetahui berbagai manfaat jahe merah, mungkin banyak diantara kita yang kemudian bertanya-tanya, bagaimana sih cara mengolah jahe merah? Sebenarnya mengolah jahe merah tidak berbeda jauh dengan jenis jahe lainnya.

Olahan jahe yang banyak digemari yaitu minuman tradisional seperti wedang jahe, wedang ronde, dan skoteng. Makanan tersebut cukup mudah dibuat di rumah. Tambahan bahan-bahan lain tidak hanya menambah rasa yang semakin kaya namun juga bisa menambah nutrisi dan nilai gizi.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal pastikan konsumsi obat herbal tersebut dalam jumlah yang wajar. Karena jika berlebihan bisa saja menimbulkan berbagai efek samping yang akan justru bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait