Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Cegah Kista hingga Obati Diare

Image title
22 Juli 2021, 15:41
Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Cegah Kista hingga Obati Diare
pixabay.com
Ilustrasi akar jahe

Tanaman jahe atau zingiber officinale kerap dimanfaatkan sebagai obat dan bumbu masakan karena rimpangnya yang aromatik disertai rasa pedas. Komponen aktif utama dalam jahe adalah gingerol, yang berperan menciptakan aroma dan rasa khas. Gingerol merupakan senyawa anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu meringankan rasa sakit.

Tekstur rimpang jahe terasa padat, berbelit-belit, kasar, dan memiliki lurik. Tergantung pada varietasnya, daging jahe dapat berwarna kuning, putih, atau merah. Kulitnya berwarna krem hingga coklat muda, dengan tingkat ketebalan bergantung pada tingkat kematangan saat dipanen.

Jahe sarat dengan antioksidan, senyawa yang dapat mencegah stres dan kerusakan DNA tubuh, serta melawan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru.

Perlu diperhatikan bahwa penderita penyakit berat atau ibu hamil, perlu mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe. Jangan mengonsumsi jahe jika Anda memiliki gangguan pendarahan dan diabetes. Gunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki batu empedu. Selain itu, jangan berikan jahe kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Jahe dapat mempengaruhi pengobatan berikut:

  • Obat yang memperlambat pembekuan darah
  • Phenprocoumon
  • Warfarin (coumadin) atau pengencer darah lainnya
  • Obat diabetes
  • Obat darah tinggi
  • Obat penyakit jantung

Simak penjelasan berikut mengenai manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Mengurangi kram akibat penyakit kista

Jahe dapat digunakan sebagai obat kista alami. Kista termasuk tumor jinak yang muncul pada rahim dan dapat disembuhkan dengan perawatan. Dengan meminum jahe hangat dapat menghilangkan rasa sakit dan kram akibat kista karena memiliki sifat antioksidan dan antikarsinogenik.

Sebuah penelitian di jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies menunjukkan, jahe mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker ovarium. Para peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa asupan makanan jahe dapat mengobati dan mencegah kanker ovarium. Untuk membuat minuman jahe caranya:

  • Kupas dan iris sepotong jahe ukuran 5 cm.
  • Rebus jahe dalam 2 gelas air selama 10 menit.
  • Sajikan dan minum saat masih hangat. Tambahkan perasa seperti air jeruk nipis dan madu secukupnya.

2. Meredakan batuk

Sebagai rempah anti-inflamasi, Jahe membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru, serta membersihkan saluran udara dan meredakan batuk kering. Seduh minuman jahe dengan menambahkan 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan menambah khasiat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...