7 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam pada wajah sering kali menjadi masalah. Flek ini banyak di area hidung, di bawah mata, dan di pipi. Berikut 7 cara menghilangkan flek hitam di wajah.
Dwi Latifatul Fajri
1 September 2021, 17:50
7 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit

Flek hitam pada wajah sering kali menjadi masalah bagi beberapa orang. Flek hitam berada di area hidung, di bawah mata, dan di pipi. Flek hitam di hidung disebut komedo. Komedo ini berasal dari sel kulit mati, bakteri, dan minyak yang menyebabkan bintik hitam.

Komedo bisa disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Komedo yang makin banyak, menjadi gumpalan minyak dan kotoran. Minyak dan kotoran ini akan bercampur ke pori-pori kulit. Jika wajah tidak dibersihkan atau dirawat, menyebabkan kotoran dan minyak di wajah bertumpuk. Hal ini membuat kulit terasa kasar, gatal, dan tidak bersih.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan flek hitam dan komedo. Caranya adalah rutin membersihkan wajah dan gunakanlah produk alami. Beberapa produk perawatan untuk kulit terkadang bisa membuat alergi dan makin bertambah flek hitam, komedi, atau jerawat.

Mengurangi flek hitam dilakukan rutin mencuci muka minimal dua kali sehari. Menurut American Academy of Dermatology, gunakan tabir surya setiap hari untuk Anda yang sering berada diluar ruangan. Pakai tabir surya SPF 30 untuk menjaga kulit dan mengurangi flek hitam. Tabir surya membantu mengurangi paparan sinar matahari langsung ke kulit.

Advertisement

Tak hanya perawatan kulit, rutinitas seperti membersihkan tempat tidur, mengganti sarung bantal secara teratur juga bisa berpengaruh. Selain itu cuci muka setelah berolahraga dan berkeringat untuk menjaga kelembaban kulit.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Cuci muka minimal dua kali sehari

Mencuci muka dengan sabun khusus muka bantu mengangkat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Ada beberapa langkah untuk perawatan kulit wajah rutin. Mencuci muka teratur membantu membersihkan sel kulit mati, bakteri, kotoran, minyak, sampai riasan di wajah. Namun perlu perlu diperhatikan apakah sabun khusus muka sesuai dengan kulit anda. Hal ini akan berpengaruh pada kulit, karena tiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Ada kulit yang kering, mudah berminyak, sampai kulit sensitif.

2. Pakai pembersih wajah

Jika Anda memiliki jerawat dan flek hitam, sebaiknya cari kandungan perawatan kulit yang sesuai. Mengutip dari self.com, pembersih wajah untuk mengatasi jerawat adalah exfoliant kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat. Jika memiliki jerawat parah pakai pembersih yang mengandung bahan benzoil peroksida. Untuk kulit berminyak dapat dipakai dua kali sehari, namun ada juga yang cukup dipakai sekali.

3. Cuci muka setelah berkeringat dan olahraga

Keringat yang keluar dari kulit dapat menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan komedo. Usahakan sebelum dan sesudah berolahraga dan memulai aktivitas mencuci muka terlebih dahulu. Menurut American Academy of Dermatology, ketika mencuci muka lakukan dengan lembut. Jika dilakukan secara kasar dan cepat bisa membuat iritasi dan menggosok kulit terlalu keras. Hal ini dapat memperburuk peradangan dan jerawat.

4. Pakai produk penghilang pori-pori

Ada beberapa produk perawatan kulit penghilang komedo. Salah satunya yang menggunakan perekat untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Perekat atau strip pori ini bisa mengangkat komedo, flek hitam, dan sel mati di area hidung. Produk perawatan ini dapat mencabut sumbatan kotoran. Biasanya bagian hidung diberi cairan berbahan asam glikolat atau laktat. Setelah itu gunakan kertas khusus untuk mengangkat komedo. Namun cara ini butuh waktu berbulan-bulan untuk berhasil mengangkat komedo.

5. Pakai Masker agar Kulit Berminyak Tetap Bersih

Gunakan masker secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Lakukan secara rutin supaya pori-pori, jerawat, dan flek hitam bisa berkurang. Gunakan masker wajah seminggu satu atau dua kali.

6. Gunakan Masker Berbahan dasar Charcoal

Pakai masker yang mengandung charcoal untuk perawatan kulit. Charcoal dalam bahasa Indonesia artinya arang baik untuk perawatan kulit. Charcoal berwarna hitam dan terbuat dari bahan tempurung kelapa sawit tua atau serbuk kayu. bermanfaat untuk penyerapan atau penawar racun pada kulit. Charcoal bisa membantu menghilangkan komedo dan mengatasi jerawat.

7. Pakai Tabir Surya

Tabir surya memiliki beberapa manfaat seperti mencegah kanker kulit, mengurangi tanda penuaan dini, dan melembabkan kulit. Pakai tabir surya untuk membantu mengurangi efek buruk dari sinar UV. Sinar UV membuat kulit kering dan mudah berjerawat. Tabir surya juga cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat.

Bahan Alami Menghilangkan Flek Hitam

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang berbahaya. Selain mencegah jerawat, memakai produk kecantikan berbahan teh hijau juga membantu mengurangi bintik hitam di wajah. Caranya oleskan teh hijau bekas untuk minum, kemudian dinginkan. Setelah dingin oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering. Masker teh hijau bisa digunakan dua kali sehari untuk mengobati jerawat dan flek hitam.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloesin untuk mengurangi bintik hitam. Fungsi lidah buaya hampir sama dengan teh hijau yang melindungi dari sinar ultraviolet. Selain itu kandungan lidah buaya juga bisa untuk mencerahkan kulit. Caranya pakai gel lidah buaya sebelum tidur. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat di pagi hari. Kulit anda terasa lebih segar dan lembab.

3. Bawang Merah

Bawang merah berfungsi untuk mencerahkan kulit karena mengandung Allium cepa. Anda juga bisa mencari bahan ini ketika menggunakan produk kecantikan.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam atau bintik gelap pada kulit terjadi pada semua orang. Warna bintik ini tak hanya hitam saja bisa coklat muda sampai coklat tua. Warna bintik hitam tergantung dari warna kulit seseorang. Ada beberapa penyebab flek hitam dari lingkungan sampai tubuh sendiri. Flek hitam sebenarnya tidak hanya berada di wajah saja. Ada beberapa area seperti punggung tangan, punggung, dan bahu.

Flek hitam bisa memudar dalam waktu 6 sampai 12 bulan untuk kulit yang lebih gelap. Namun, perubahan flek hitam ini bisa menghilang selama bertahun-tahun. Perubahan flek hitam ini bisa tampak biru, abu-abu, meskipun ada yang berwarna coklat dan jauh lebih gelap dari warna kulit. Beberapa penyebab munculnya flek hitam yaitu:

1. Perubahan Hormon

Hormon menyebabkan munculnya bercak-bercak berukuran kecil dan berwarna lebih gelap pada kulit. Kondisi ini sering terjadi pada wanita terutama ketika hamil. Hormon yang memicu bercak hitam ini disebut melasma.

2. Efek Aamping Obat

Flek hitam terjadi karena efek obat tertentu yang sudah dikonsumsi. Beberapa obat dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan flek hitam. Beberapa obat yang menyebabkan flek hitam adalah obat psikotropika, antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan tetrasiklin.

3. Radang

Flek hitam muncul ketika terjadi peradangan pada kulit. Penyebabnya adalah jerawat, luka di kulit, eksim, dan psoriasis.

4. Sinar Matahari

Sinar matahari memicu flek hitam pada kulit. Ketika Anda sering berjemur dibawah sinar matahari dapat memunculkan bintik gelap pada kulit. Tak hanya wajah, beberapa area seperti lengan dan tangan bisa muncul bintik hitam.

5. Penyembuhan Luka

Jika anda mengalami luka bakar atau gigitan serangga dapat memicu munculnya bintik hitam. Namun bintik hitam ini bisa memudar.

6. Iritasi Produk

Beberapa produk kecantikan yang tidak cocok dengan kulit dapat memicu iritasi dan munculnya flek hitam.

7. Diabetes

Diabetes bisa memicu flek hitam di beberapa area kulit. Mengutip dari Medicalnewstoday, diabetes termasuk acanthosis nigricans menyebabkan kulit gelap dan memunculkan bintik di kulit.

Sebelum membeli produk perawatan kulit, pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda. Lebih baik jika berkonsultasi ke dokter kulit untuk perawatan dan pencegahan flek hitam di wajah.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait