7 Manfaat Vitamin E untuk Wajah dan Kulit

Image title
20 Agustus 2021, 12:09
manfaat vitamin E untuk kulit, vitamin e, khasiat vitamin e, vitamin e untuk kulit, vitamin e untuk wajah
Chelsea Shapouri/Unsplash
Ilustrasi penggunaan manfaat vitamin E untuk kulit

Vitamin E adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan dan dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan dan suplemen. Dalam situs web Harvard T.H. Chan School of Public Health,  pengertian vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan banyak ditemukan dalam minyak sayur, sereal, daging, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak gandum.

Menurut jurnal Pharmacognosy Review, vitamin E memainkan peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralkan radikal bebas yang merusak sel pada tingkat genetik. Radikal bebas merupakan penyebab dari masalahi kesehatan seperti kanker hingga penuaan dini.

Advertisement

Manfaat vitamin E yang paling terkenal adalah menfaat kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin E dapat dioleskan ke wajah Anda untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

Konsumsi Harian Vitamin E

Melansir dari penelitian dalam situs web Kementerian Kesehatan, untuk mendapatkan manfaat vitamin E secara maksi­mal, pastikan orang yang berusia 14 tahun keatas memenuhi asupan harian vitamin E sebanyak 15 miligram atau 22,5 internasional unit (IU). Namun, pastikan juga untuk  tidak lebih dari 1.000 miligram (1.500 IU) konsumsi vitamin E per hari agar tidak terjadi keracunan.

Manfaat Vitamin E untuk Wajah dan Kulit

1. Mengobati hiperpigmentasi

Studi yang dipublikasikan Indian Dermatology Online Journal menunjukkan bahwa hiperpigmentasi dapat diatasi dengan menggunakan minyak vitamin E. Hiperpigmentasi adalah bercak hitam pada kulit yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak pigmen (melanin) akibat hormon atau penyebab lainnya.

2. Mencegah penuaan dan kerutan

Sebuah tinjauan literatur tahun 2013 oleh beberapa peneliti dari University of Ljubljana yang terbit dalam jurnal ISRN Dermatology mengungkapkan bahwa vitamin E yang mengandung antioksidan dapat digunakan sebagai perawatan untuk mencegah penuaan dan kerutan.

Kandungan antioksidan dalam vitamin E mempengaruhi sirkulasi darah sehingga mengonsumsi vitamin E dapat memperbaiki struktur kulit.

3. Menyembuhkan luka

Berdasarkan studi oleh dr. Thuan T. Nguyen dalam Journal of Burn Care & Research, suplemen vitamin E bekerja efektif untuk orang dengan kerusakan parah pada kulit mereka. Vitamin E dapat mendukung tubuh dalam beberapa aspek proses penyembuhan.

Vitamin E melindungi jaringan tubuh dari radikal bebas dan membentuk sel darah merah sehingga sangat penting untuk penyembuhan luka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement