12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Dwi Latifatul Fajri
1 September 2021, 18:30
12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah
Ron Lach/Pexels
Ilustrasi penggunaan baby oil pada wajah

Panu menjadi masalah pada beberapa orang. Penyebab panu adalah jamur Malassezia yang berada di kulit. Infeksi jamur ini menimbulkan bercak berwarna lebih terang pada kulit. Panu juga menimbulkan kulit kering, gatal, bersisik, dan sakit pada kulit.

Dalam bahasa Inggris panu disebut Tinea Versicolor. Penyebab panu ditandai dengan munculnya bintik-bintik dan warna berbeda di kulit. Panu biasanya muncul di wajah, lengan, kaki, leher, sampai wajah.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Panu biasanya muncul ketika musim panas dan lembab. Biasanya panu sering muncul dan mengenai daerah tropis. Jamur pada kulit lebih cepat menyebar dan menyebabkan bercak di kulit. Jamur ini bisa mengakibatkan pemutihan asa di area pertumbuhan ragi, sehingga membuat bintik-bintik warna merah, putih, merah muda.

Warna tersebut bisa berubah gelap dan kering. Bintik-bintik ini akan menonjol dan makin banyak di bagian wajah, leher, punggung, dada, dan lengan. Infeksi jamur terjadi selama beberapa hari. Ada cara untuk menyembuhkan panu di kulit. Cara ini bisa memakai bahan alami atau bahan buatan yang disarankan dokter kulit.

1. Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang bisa tumbuh subur di rumah. Lidah buaya memiliki banyak manfaat, termasuk pengobatan panu. Lidah buaya mengandung vitamin B12, anti-inflamasi, dan alkali untuk mengobati panu. Caranya kupas kulit lidah buaya, ambil gel yang berada di dalam untuk dioleskan ke kulit yang terkena panu. Oleskan lidah buaya secara rutin untuk penyembuhan.

2. Tanaman Mimba

Tanaman mimba atau Neem memang asing terdengar di telinga. Tanaman ini berasal dari india yang mampu mengobati penyakit panu. Daun Neem bergerigi di ujung dan bentuknya panjang. Daun ini memiliki sifat antimikroba untuk mengobati panu.

3. Yoghurt

Yogurt tak hanya dikonsumsi untuk makanan dan perawatan kecantikan. Yogurt bisa mengobati infeksi kulit. Kandungan pasta dalam yogurt mengandung probiotik yang membantu menjaga pertumbuhan dan menyembuhkan panu.

4. Kunyit

Kunyit dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Kunyit ternyata mampu menyembuhkan panu, iritasi gatal pada kulit, dan mengembalikan warna kulit. Kunyit bisa menjadi pengobatan untuk anak-anak yang terserang panu. Caranya yaitu

  • Kunyit dihaluskan hingga menjadi bubuk
  • Kemudian ambil 2 sampai 3 sendok makan bubuk kunyit
  • Tambahkan beberapa tetes air dan campurkan
  • Oleskan pada kulit bayi dan anak-anak yang terkena panu
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu cuci kulit yang diolesi bubuk kunyit dengan air bersih
  • Keringkan dengan handuk bersih
  • Setelah itu oleskan pelembab pada bayi atau anak-anak
  • Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu

5. Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa pada area kulit yang terkena panu. Minyak kelapa bagus untuk kelebapan dan menenangkan kulit. Selain itu minyak kelapa mengandung antijamur alam yang dapat menghentikan infeksi panu. Kelapa adalah bahan yang bagus untuk melembabkan dan menenangkan kulit Anda. Minyak kelapa adalah antijamur alami yang dapat membunuh dan menghentikan infeksi jamur.

6. Bawang

Bawang ternyata bisa menyembuhkan infeksi jamur penyebab panu. Bawang mengandung senyawa belerang yang bersifat antijamur untuk pengobatan. Selain itu bawang dapat mengobati iritasi pada kulit. Cara mengobati panu dengan bawang yaitu:

  • Siapkan bawang bombay kemudian hancurkan menjadi lebih lembek
  • Setelah itu oleskan bawang tersebut karena terkena panu
  • Perawatan bawang untuk menyembuhkan panu ini dilakukan sehari dua kali atau tiga kali seminggu

7. Salep dan Krim

Jika terkena panu, anda bisa mencari obat penyembuh seperti salep, lotion, sampo, atau pil obat. Pastikan obat penyembuh panu itu dari profesional dan tenaga medis bersertifikat. Obat salep bisa berbeda variasi dan pemakaian ukuran tergantung infeksi jamur.

Oleskan salep, kirim, sabun tersebut langsung kek kulit penyebab jamur. Hal ini akan mengontrol infeksi jamur penyebab panu. Biasanya salep ini ditemukan di apotek atau resep dokter.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...