Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Image title
22 Juli 2021, 19:28
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit
pixabay.com
Tanaman lidah buaya memiliki beragam manfaat

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman sukulen asli Afrika. Dalam daunnya, terdapat bagian tengah yang lembek dan berisi banyak gel. Tanaman ini tumbuh liar di iklim tropis, semi-tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mudah ditemukan dan dapat bertahan hidup di iklim Indonesia.

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Daun lidah buaya segar dapat dipatahkan dari tanaman, gel diperas, dan dioleskan langsung ke kulit. Gel tanaman ini sering digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit, mulai dari pembersih hingga pelembab, masker, dan banyak lagi.

Apa manfaat tumbuhan lidah buaya?

Manfaat lidah buaya meliputi pengobatan jerawat, memperkuat rambut, melembabkan kulit dan masih banyak lagi. Kandungan lidah buaya antara lain:

  • Vitamin A, C, E, dan B12
  • Asam amino esensial
  • Mineral, seperti tembaga dan seng, yang penting untuk pertumbuhan rambut
  • Asam lemak

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Mengobati jerawat

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang membantu mengontro, serta mengurangi bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan akibat jerawat. Mengoleskan lidah buaya pada jerawat merah dan bengkak dapat membantu mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Mengurangi minyak pada wajah

Lidah buaya juga sangat berguna dalam mengatur produksi minyak pada wajah dan mengobati berbagai infeksi bakteri dan jamur yang timbul karena minyak. Sifat anti-inflamasi membuat lidah buaya cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, dapat mengobati iritasi kulit lainnya yang disebabkan karena kelebihan minyak. Lidah buaya dapat digunakan sebagai penenang kulit wajah dan membantu mengatasi kulit kusam serta berminyak.

Menebalkan alis

Ekstrak lidah buaya tidak lengket dan cepat meresap, sehingga bisa dioleskan beberapa kali sehari. Lidah buaya juga baik untuk untuk menghilangkan minyak berlebih pada alis dan membuka pori-pori folikel, sehingga mendorong pertumbuhan rambut alis. Tanaman ini juga efektif menumbuhkan alis tebal atau tebal secara permanen.

Manfaat Lidah buaya untuk rambut

Meredakan kulit kepala gatal

Lidah buaya dapat meredakan dan mengobati kulit kepala yang gatal karena dermatitis seboroik atau ketombe. Studi dari Journal of Dermatological Treatment menemukan bahwa lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Asam lemak dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Membuat rambut menjadi lebat

Pemakaian lidah buaya secara rutin terbukti dapat mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut, sekaligus menjadikan rambut lebat. Para peneliti percaya bahwa aloenin, senyawa kimia dalam lidah buaya, merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan rambut. Dengan kehadiran aloenin dalam lidah buaya, rambut dapat tumbuh sehat dan lebat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...