Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Lidah buaya bukan hanya tanaman hias biasa namun juga memiliki banyak manfaat. Ketahui beragam manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut, dan kulit berikut ini.
Image title
22 Juli 2021, 19:28
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit
pixabay.com
Tanaman lidah buaya memiliki beragam manfaat

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman sukulen asli Afrika. Dalam daunnya, terdapat bagian tengah yang lembek dan berisi banyak gel. Tanaman ini tumbuh liar di iklim tropis, semi-tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mudah ditemukan dan dapat bertahan hidup di iklim Indonesia.

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Daun lidah buaya segar dapat dipatahkan dari tanaman, gel diperas, dan dioleskan langsung ke kulit. Gel tanaman ini sering digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit, mulai dari pembersih hingga pelembab, masker, dan banyak lagi.

Apa manfaat tumbuhan lidah buaya?

Manfaat lidah buaya meliputi pengobatan jerawat, memperkuat rambut, melembabkan kulit dan masih banyak lagi. Kandungan lidah buaya antara lain:

  • Vitamin A, C, E, dan B12
  • Asam amino esensial
  • Mineral, seperti tembaga dan seng, yang penting untuk pertumbuhan rambut
  • Asam lemak

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Mengobati jerawat

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang membantu mengontro, serta mengurangi bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan akibat jerawat. Mengoleskan lidah buaya pada jerawat merah dan bengkak dapat membantu mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Advertisement

Mengurangi minyak pada wajah

Lidah buaya juga sangat berguna dalam mengatur produksi minyak pada wajah dan mengobati berbagai infeksi bakteri dan jamur yang timbul karena minyak. Sifat anti-inflamasi membuat lidah buaya cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, dapat mengobati iritasi kulit lainnya yang disebabkan karena kelebihan minyak. Lidah buaya dapat digunakan sebagai penenang kulit wajah dan membantu mengatasi kulit kusam serta berminyak.

Menebalkan alis

Ekstrak lidah buaya tidak lengket dan cepat meresap, sehingga bisa dioleskan beberapa kali sehari. Lidah buaya juga baik untuk untuk menghilangkan minyak berlebih pada alis dan membuka pori-pori folikel, sehingga mendorong pertumbuhan rambut alis. Tanaman ini juga efektif menumbuhkan alis tebal atau tebal secara permanen.

Manfaat Lidah buaya untuk rambut

Meredakan kulit kepala gatal

Lidah buaya dapat meredakan dan mengobati kulit kepala yang gatal karena dermatitis seboroik atau ketombe. Studi dari Journal of Dermatological Treatment menemukan bahwa lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Asam lemak dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Membuat rambut menjadi lebat

Pemakaian lidah buaya secara rutin terbukti dapat mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut, sekaligus menjadikan rambut lebat. Para peneliti percaya bahwa aloenin, senyawa kimia dalam lidah buaya, merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan rambut. Dengan kehadiran aloenin dalam lidah buaya, rambut dapat tumbuh sehat dan lebat.

Memperkuat rambut

Lidah buaya memiliki banyak bahan aktif dan mineral yang membantu memperkuat rambut Anda. Kandungan dalam lidah buaya meliputi asam lemak, asam amino dan vitamin A, B12, C, dan E berperan untuk menutrisi folikel rambut sehingga dapat membuat rambut menjadi kuat dan sehat.

Mengontrol rambut berminyak

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat memecah lemak sehingga mampu menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut Anda.  Walaupun lidah buaya dapat mengontrol minyak, lidah buaya tidak melukai helai rambut dan menjaga integritas rambut, tidak seperti bahan kimia lain dalam produk rambut. Menggunakan lidah buaya adalah cara yang bagus untuk menjadikan rambut lebih sehat, berkilau, dan lembut.

Melindungi rambut dari kerusakan sinar UV

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak lidah buaya segar dapat memberikan perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Paparan sinar UV dapat menyebabkan rambut Anda kehilangan kilau dan warna, serta membuatnya kasar dan kurang elastis sehingga menyebabkan kerusakan. Dengan menggunakan lidah buaya, rambut dapat terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut

Mengolah lidah buaya untuk rambut tidak memerlukan banyak alat, cukup ikuti langkah berikut:

  • Belah lidah buaya untuk diambil isinya.
  • Hancurkan isinya hingga halus.
  • Oleskan ke rambut menggunakan tangan, dari kulit kepala hingga ujung rambut
  • Pijatkan kulit kepala secara perlahan.
  • Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.
  • Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Manfaat lidah buaya untuk kulit

Mencerahkan kulit

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami yang terbukti mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai pengobatan kulit yang rusak. Caranya, oleskan gel lidah buaya murni ke kulit sebelum tidur. Bilas menggunakan air hangat keesokan paginya.

Mengobati kulit yang terbakar sinar matahari

Lidah buaya mengandung senyawa tertentu yang disebut polisakarida. Senyawa itu membantu mendorong perbaikan kulit dan sel-sel kulit baru. Selain itu, ada pula senyawa penghilang rasa sakit yang disebut carboxypeptidase, yang memberi kita sensasi dingin menenangkan untuk kulit. Beberapa studi menunjukkan, gel lidah buaya dapat membantu penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua. Selain itu, kandungan aloin yang dengan anti-inflamasi dapat mencegah pengelupasan kulit akibat terbakar sinar matahari.

Melembabkan kulit

Lidah buaya mengandung 95% air yang dapat melembabkan kulit tanpa menimbulkan sensasi lengket setelah pemakaian. Selain melembabkan kulit, lidah buaya juga bertindak sebagai lem yang membuat lapisan atas sel-sel kulit saling menempel, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan lembut. Bahkan untuk jenis kulit sensitif dan berminyak, lidah buaya terbukti menjadi pelembab yang sangat baik.

Itulah beragam manfaat lidah buaya. Penggunaan lidah buaya untuk wajah, rambut, dan kulit dapat menghasilkan efek positif sehingga membuat wajah, rambut, dan kulit tampak lebih sehat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait