5 Obat Asam Urat Alami Ampuh dan Terbukti Aman

Image title
1 September 2021, 19:00
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat. Penderita penyakit asam urat umumnya merasakan sakit pada sendi. Mengonsumsi obat asam urat alami dapat membantu meredakan rasa sakit.
shutterstock/coloradopaincare.com
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat.

Asam urat sering disalah artikan sebagai penyakit. Padahal, ini asam berbentuk kristal yang merupakan hasil dari pemecahan purin yang terdiri dari komponen karbon, nitrogen, oksigen dan hidrogen. Hal ini tertera pada Buku Saku Kader: Pengontrolan Asam Urat di Masyarakat yang diterbitkan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tubuh kita mengandung asam ura. Bila kadar tersebut tinggi akan menyebabkan terbentuknya kristal yang memicu penyakit asam urat atau gout. Kadar asam urat tergantung jenis kelamin, umur, berat badan, tekanan darah, fungsi ginjal, konsumsi alkohol, dan kebiasaan memakan makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.

Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam tubuh. Dilansir dari University of Rochester Medical Center, purin ditemukan dalam banyak makanan seperti hati, kerang, dan alkohol. Ketika DNA dipecah, purin dapat terbentuk di dalam tubuh dan menjadi asam urat.

Tetapi, jika tubuh Anda membuat terlalu banyak asam urat, atau jika ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, asam urat dapat menumpuk di dalam darah sehingga menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit peradangan pada sendi.

Mengonsumsi obat asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Cara terbaik dan aman untuk mengatasi penyakit asam urat adalah menggunakan obat asam urat alami

Obat Asam Urat Alami

Penggunaan obat asam urat alami merupakan cara aman untuk mengatasi penyakit asam urat. Obat asam urat alami juga mudah didapatkan dan tidak mengandung bahan kimia sehingga aman dikonsumsi. Ada beberapa obat asam urat alami yang dapat Anda gunakan.

1. Seledri

Mengonsumsi ekstrak biji seledri dan jus seledri adalah obat asam urat alami yang dapat Anda coba. Ekstrak biji seledri telah terbukti mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Para peneliti dalam jurnal In Vitro & Molecular Toxicology telah mengidentifikasi banyak jenis antioksidan dalam seledri, meliputi asam caffeic, asam ferulic, dan quercetin.

Hal tersebut membuat seledri bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi yang diakibatkan asam urat seperti nyeri sendi, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, sindrom iritasi usus besar, dan infeksi saluran kemih.

Anda dapat membeli suplemen atau ekstrak biji seledri untuk obat alami asam urat. Seledri segar juga dapat dijadikan jus atau dimakan langsung.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk obat asam urat alami. Mengoleskan parutan jahe pada area yang radang karena asam urat dapat mengurangi rasa sakit menurut satu studi dalam International Journal Of Scientific & Technology Research.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...