5 Obat Asam Urat Alami Ampuh dan Terbukti Aman

Penderita penyakit asam urat umumnya merasakan sakit pada sendi. Mengonsumsi obat asam urat alami dapat membantu meredakan rasa sakit.
Image title
1 September 2021, 19:00
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat. Penderita penyakit asam urat umumnya merasakan sakit pada sendi. Mengonsumsi obat asam urat alami dapat membantu meredakan rasa sakit.
shutterstock/coloradopaincare.com
Ilustrasi seseorang menderita penyakit asam urat.

Asam urat sering disalah artikan sebagai penyakit. Padahal, ini asam berbentuk kristal yang merupakan hasil dari pemecahan purin yang terdiri dari komponen karbon, nitrogen, oksigen dan hidrogen. Hal ini tertera pada Buku Saku Kader: Pengontrolan Asam Urat di Masyarakat yang diterbitkan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tubuh kita mengandung asam ura. Bila kadar tersebut tinggi akan menyebabkan terbentuknya kristal yang memicu penyakit asam urat atau gout. Kadar asam urat tergantung jenis kelamin, umur, berat badan, tekanan darah, fungsi ginjal, konsumsi alkohol, dan kebiasaan memakan makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.

Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam tubuh. Dilansir dari University of Rochester Medical Center, purin ditemukan dalam banyak makanan seperti hati, kerang, dan alkohol. Ketika DNA dipecah, purin dapat terbentuk di dalam tubuh dan menjadi asam urat.

Tetapi, jika tubuh Anda membuat terlalu banyak asam urat, atau jika ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, asam urat dapat menumpuk di dalam darah sehingga menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit peradangan pada sendi.

Mengonsumsi obat asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Cara terbaik dan aman untuk mengatasi penyakit asam urat adalah menggunakan obat asam urat alami

Obat Asam Urat Alami

Penggunaan obat asam urat alami merupakan cara aman untuk mengatasi penyakit asam urat. Obat asam urat alami juga mudah didapatkan dan tidak mengandung bahan kimia sehingga aman dikonsumsi. Ada beberapa obat asam urat alami yang dapat Anda gunakan.

1. Seledri

Mengonsumsi ekstrak biji seledri dan jus seledri adalah obat asam urat alami yang dapat Anda coba. Ekstrak biji seledri telah terbukti mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Para peneliti dalam jurnal In Vitro & Molecular Toxicology telah mengidentifikasi banyak jenis antioksidan dalam seledri, meliputi asam caffeic, asam ferulic, dan quercetin.

Hal tersebut membuat seledri bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi yang diakibatkan asam urat seperti nyeri sendi, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, sindrom iritasi usus besar, dan infeksi saluran kemih.

Anda dapat membeli suplemen atau ekstrak biji seledri untuk obat alami asam urat. Seledri segar juga dapat dijadikan jus atau dimakan langsung.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk obat asam urat alami. Mengoleskan parutan jahe pada area yang radang karena asam urat dapat mengurangi rasa sakit menurut satu studi dalam International Journal Of Scientific & Technology Research.

Buat adonan jahe dengan memarut 1 sendok makan jahe segar dan direbus dalam air secukupnya. Setelah mendidih, biarkan cairan hingga dingin lalu rendam kain dan oleskan pada nyeri setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit.

3. Jelatang

Jelatang adalah tanaman herba yang memiliki daun bergerigi dan rambut halus yang menyengat. Jelatang dapat digunakan sebagai obat asam urat alami karena memiliki anti-inflamasi yang kuat menurut publikasi dalam jurnal Toxicology and Applied Pharmacology.

Jelatang dapat Anda konsumsi sebagai suplemen atau meminumnya sebagai teh. Untuk membuat teh jelatang, rebus secangkir air hingga mendidih. Seduh 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering. Minum hingga 3 cangkir per hari.

4. Minyak ikan

Minyak ikan dapat digunakan sebagai obat asam urat alami karena berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Penelitian dalam jurnal Nutrients telah menunjukkan kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Menurut ahli reumatologi, dr. James McKoy, dalam situs web Arthritis Foundation, dosis minyak ikan yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 2.000 miligram (mg) per hari atau setara dengan 7-10 kapsul minyak ikan.

Perlu diperhatikan, minyak ikan dapat mengencerkan darah Anda. Jika Anda memiliki gangguan pendarahan atau sudah minum obat untuk mengencerkan darah Anda, seperti clopidogrel (Plavix) atau warfarin (Coumadin), bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral alkali yang menurunkan pembentukan asam urat dalam tubuh. Magnesium sebagai obat asam urat alami  telah diteliti dalam jurnal Therapeutic Advances in Musculoskeletal Disease.

Peneliti menemukan bahwa magnesium adalah pengobatan yang efektif untuk asam urat, terutama kasus asam urat akut. Jika Anda memiliki tanda-tanda kekurangan magnesium, Anda mungkin rentan terhadap asam urat. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan kaya magnesium atau suplemen magnesium.

Gejala Penyakit Asam Urat

Ada beberapa gejala penyakit asam urat menurut Buku Saku Kader: Pengontrolan Asam Urat di Masyarakat oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM). Gejala penyakit asam urat meliputi:

  • Rasa nyeri hebat dan mendadak pada ibu jari kaki dan jari kaki.
  • Terganggunya fungsi sendi yang biasanya terjadi di satu tempat, sekitar 70-80% pada pangkal ibu jari.
  • Terjadi hiperurikemia dan penimbunan kristal asam urat dalam cairan dan jaringan sendi, ginjal, tulang rawan dan lain-lain.
  • Telah terjadi lebih dari 1 kali serangan di persendian (arthritis) yang bersifat akut.
  • Adanya serangan nyeri pada satu sendi, terutama sendi ibu jari kaki. Serangan juga biasa terjadi di tempat lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau jari-jari tangan.
  • Sendi tampak kemerahan.
  • Peradangan disertai demam (suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius) dan pembengkakan tidak simetris pada satu sendi dan terasa panas.
  • Nyeri hebat di pinggang bila terjadi batu ginjal akibat penumpukan asam urat di ginjal.

Setelah menyimak pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat beragam obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi. Perhatikan gejala penyakit asam urat agar Anda dapat segera mengobatinya.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait