11 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel adalah sayuran bergizi tinggi. Sayuran berwarna jingga ini biasanya dimasak dan dijus. Wortel kaya akan manfaat. Berikut 11 manfaat wortel untuk kesehatan.
Dwi Latifatul Fajri
3 September 2021, 08:35
11 Manfaat Wortel untuk Kesehatan
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.

Wortel adalah sayuran bergizi tinggi. Sayuran berwarna jingga ini biasanya dimasak dan dijus. Wortel masuk dalam sayuran umbi semusim. Di Indonesia, budidaya wortel tersebar di 22 provinsi. Awalnya budidaya wortel terpusat di daerah Lembang dan Cipanas, Jawa Barat.

Tanaman wortel berasal dari wilayah Timur Dekat dan Asia Tengah. Sayuran ini tumbuh liar sekitar 6.500 tahun yang lalu. Menurut sejarah, orang Mesir kuno memakai wortel sebagai pengobatan herbal.

Klasifikasi Wortel

  • Devisio : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
  • Subdivisi : Angiospermae (Biji berada dalam buah)
  • Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping 2/ biji belah)
  • Ordo : Umbelliferales
  • Famili : Umbellifirae/ Apiaceae/ Ammiaceae
  • Genus : Daucus
  • Spesies : Daucus carota L. (Sumber:Cahyono, 2006)
  • Wortel masih satu spesies dengan seledri (Apium graveolens L.), parsley atau petroseli (Petroselinum crispum Mill), parsnip, dan adas.

Manfaat Wortel dan Kandungan Gizi

Wortel memiliki manfaat untuk dikonsumsi, obat alami, dan bahan kosmetik. Wortel bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan perawatan wajah.

1. Umbi Wortel untuk Mengobati Kanker

Wortel mengandung zat-zat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Kandungan dalam wortel seperti senyawa Betakaroten, senyawa karoten, enzim pencernaan. Berikut manfaat mengkonsumsi wortel.

Senyawa B karoten dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit tumor, dan menghambat penyebaran sel kanker. Wortel memiliki enzim untuk melawan kanker.

Skripsi berjudul "Pengaruh Perbedaan Suhu Pengeringan Terhadap Kadar Vitamin A pada Tepung Wortel (Daucus Carota L.) Grade Terendah Sebagai Sumber Belajar Biologi" menunjukkan wortel bisa mengobati berbagai jenis kanker.

Jika Anda rutin mengkonsumsi wortel bisa mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker larynx, kanker esofagus, dan kanker serviks.

2. Manfaat Wortel untuk Mata

Kandungan vitamin ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan protein untuk tubuh. Selain itu wortel bisa mencegah rabun senja. Selain itu wortel mengurangi mencegah katarak dan degenerasi makula.

3. Melancarkan Pencernaan

Enzim pencernaan bermanfaat mencegah diuretik. Diuretik merupakan obat untuk membuang kelebihan garam dan air. Wortel bisa menjadi diuretik alami untuk melancarkan buang air kecil.

Senyawa lain bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Konsumsi wortel dapat mengurangi mual pada wanita hamil. Selain itu bisa mencegah radang lambung, tubuh lesu, gangguan empedu, penyakit dalam pencernaan (hyperaciditas), pendarahan gusi, dan lemah syaraf.

Wortel mengandung serat untuk mengatasi sembelit. Zat gizi dalam wortel bisa mencegah bau mulut, mencegah serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah, membersihkan darah, menurunkan kolesterol darah, meningkatkan kesehatan usus besar.

4. Manfaat Wortel untuk Sumber Energi

Wortel dan beberapa sayuran hijau bermanfaat untuk kebutuhan tubuh. Seperti meningkatkan energi, produktivitas kerja, dan memperkuat organ-organ tubuh.

Wortel juga baik untuk makanan bayi. Caranya parut wortel berukuran lebih kecil, kemudian campurkan pada nasi. Wortel baik untuk pertumbuhan bayi yang sedang belajar makan.

5. Daun Wortel untuk Mengobati Luka

Sayuran ini bisa dikonsumsi untuk mengobati luka-luka dalam mulut, sariawan, dan pendarahan gusi. Caranya dengan mengunyah daun wortel segar dan sudah dibersihkan.

6. Daun Wortel Memperbaiki Pencernaan

Khasiat daun wortel lain adalah memperbaiki saluran pencernaan, mencegah pembentukan endapan dalam saluran kencing, dan memperkuat organ-oragan penting seperti jantung, paru-paru, mata, dan hati.

7. Manfaat Worterl Mentah untuk Wajah

Selain kaya manfaat untuk organ dalam, ternyata daun wortel baik untuk kulit. Daun yang sudah diolah menjadi sari daun dapat dioleskan sebagai obat luar. Obat luar ini untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

Daun dan umbi wortel bisa dihaluskan untuk masker. Masker ini untuk mengobati jerawat dan noda-noda hitam. Bisa juga dicampurkan sari daun dengan bubuk rimpang kunyit untuk hasil maksimal.

8. Bahan Kosmetik

Sekarang ini ada berbagai inovasi produk dari wortel. Inovasi ini untuk meningkatkan nilai jual wortel di pasaran. Selain itu untuk mensejahterakan petani wortel.

Wortel dipakai sebagai bahan kosmetik. Terdengar aneh, namun umbi wortel ini bermanfaat untuk kulit. Kandungan wortel bisa meremajakan wajah, kulit, dan memperlambat kerutan di wajah.

9. Menyuburkan Rambut

Beta karoten dalam wortel ini memberikan pigmen berwarna dominan pada buah dan sayur. Kandungan karoten dalam wortel bisa menyuburkan rambut. Karoten berguna untuk memperkuat jaringan tempat tumbuh helaian rambut.

Wortel dianjurkan untuk jenis rambut kering. Caranya dengan mencampur umbi wortel dengan kuning telur. Setelah dihaluskan secara merata, kemudian campuran tersebut teteskan pada rambut. Campuran wortel baik untuk kelembaban kulit kepala akibat kekurangan minyak.

10. Beta Karoten untuk Kulit Sensitif

Kandungan beta karoten dapat mengurangi resiko kulit terbakar matahari. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dianjurkan rutin mengkonsumsi wortel.

11. Wortel Sebagai Masker

Wortel baik untuk kulit. Beta karoten bisa menyamarkan flek hitam pada wajah. Campurkan parutan wortel dengan kuning telur. Aduh secara merata dan tempelkan pada wajah. Campuran wortel ini bisa menjadi masker alami untuk wajah. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

Tipe-Tipe Wortel

Teknologi mampu membuat varietas-varietas baru sayuran dan buah. Varietas ini menjadi bibit unggul dibanding generasi sebelumnya. Termasuk wortel yang dibuat varietas baru dan menjadi bibit unggul. Ada tipe-tipe wortel yang dibagi menjadi 3 yaitu tipe Imperator, Chantenay, dan Nantes.

1. Tipe Imperator

Bentuk umbi wortel bulat panjang dan ujung runcing seperti kerucut.
Panjang umbi sekitar 20-30 cm. Rasa wortel ini kurang manis sehingga kurang disukai oleh konsumen.

2. Tipe Chantenay

Bentuknya bulat panjang dengan ujung tumpul. Panjang sekitar 15-20 cm. Rasa wortel manis sehingga disukai oleh konsumen.

3. Tipe Nantes

Bentuk wortel peralihan antara tipe Imperator dan tipe Chantenay. Bentuk bulat pendek dengan ukuran panjang 5-6 cm. Ada juga bentuk bulat agak panjang ukuran 10-15 cm.

Pertumbuhan Wortel

Wortel termasuk sayuran umbi berbentuk semak atau perdu. Pertumbuhan umbi ini bisa mencapai 30 - 100 centi meter atau lebih. Namun pertumbuhan tergantung jenis dan varietas.

Wortel termasuk tanaman semusim, artinya hanya diproduksi satu kali kemudian mati. Umur wortel cukup pendek, 70-120 hari. Wortel banyak berada di wilayah beriklim sedang seperti Asia Timur dan Asia Tengah.

Wortel menjadi makanan sehari-hari yang dikonsumsi orang Indonesia. Umumnya tanaman ini tumbuh di dataran tinggi pada ketinggian antara 1000-1200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Wortel bisa ditanam pada ketinggian lebih dari 500 mdpl. Namun, ketinggian tersebut membuat kualitas produksi menurun. Tanaman ini membutuhkan udara dingin dan lembab. Sehingga cocok ditanam didaerah perbukitan dan gunung.

Di negara empat musim, wortel bisa ditanam dengan suhu minimal 9°C dan maksimum 20°C. Suhu udara panas mempengaruhi pertumbuhan umbi wortel.

Suhu udara yang terlalu panas menyebabkan umbi wortel berukuran kecil, warnanya pucat. Sementara di suhu yang sangat dingin, wortel bisa tumbuh panjang namun berukuran kecil.

Morfologi

1. Daun

Bentuk daun majemuk, menyirip ganda, tiga, dan bertangkai. Setiap wortel memiliki 5-7 tangkai daun berukuran panjang. Tangkai daun memiliki permukaan halus, sedangkan helaian daun lemas dan tipis.

2. Batang

Batang wortel hampir tidak tampak. Bentuknya bulat, tidak berkayu, aga keras. Ukuran batang daun hanya 1-1,5 cm. Umumnya batang daun berwarna hijau tua dan tidak bercabang.

3. Akar

Akar wortel tunggang atau serabut. Akar ini berfungsi menyimpan cadangan makanan. Bentuknya besar dan bulat memanjang.

4. Bunga

Wortel memiliki bunga pada ujung tanaman. Bentuknya payung berganda, berwarna putih, atau merah jambu. Bunga pada wortel memiliki tangkai pendek dan tebal.

5. Biji

Biji wortel termasuk biji tertutup dan berkeping dua. Biji berbentuk bulat, pipih, dan berwarna kecoklatan. Ukuran biji wortel sangat kecil sekitar 1,5 sampai 3mm.

6. Umbi

Umbi wortel berbentuk dari akar tunggang. Fungsi dari umbi ini untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi wortel sebagai tempat menyimpan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Bagian umbi sering dikonsumsi manusia. Bagian kulitnya berwarna kuning kemerahan atau jingga kekuningan. Rasa umbi wortel renyah dan agak manis.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait