11 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
3 September 2021, 08:35
11 Manfaat Wortel untuk Kesehatan
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.

Wortel adalah sayuran bergizi tinggi. Sayuran berwarna jingga ini biasanya dimasak dan dijus. Wortel masuk dalam sayuran umbi semusim. Di Indonesia, budidaya wortel tersebar di 22 provinsi. Awalnya budidaya wortel terpusat di daerah Lembang dan Cipanas, Jawa Barat.

Tanaman wortel berasal dari wilayah Timur Dekat dan Asia Tengah. Sayuran ini tumbuh liar sekitar 6.500 tahun yang lalu. Menurut sejarah, orang Mesir kuno memakai wortel sebagai pengobatan herbal.

Advertisement

Klasifikasi Wortel

  • Devisio : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
  • Subdivisi : Angiospermae (Biji berada dalam buah)
  • Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping 2/ biji belah)
  • Ordo : Umbelliferales
  • Famili : Umbellifirae/ Apiaceae/ Ammiaceae
  • Genus : Daucus
  • Spesies : Daucus carota L. (Sumber:Cahyono, 2006)
  • Wortel masih satu spesies dengan seledri (Apium graveolens L.), parsley atau petroseli (Petroselinum crispum Mill), parsnip, dan adas.

Manfaat Wortel dan Kandungan Gizi

Wortel memiliki manfaat untuk dikonsumsi, obat alami, dan bahan kosmetik. Wortel bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan perawatan wajah.

1. Umbi Wortel untuk Mengobati Kanker

Wortel mengandung zat-zat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Kandungan dalam wortel seperti senyawa Betakaroten, senyawa karoten, enzim pencernaan. Berikut manfaat mengkonsumsi wortel.

Senyawa B karoten dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit tumor, dan menghambat penyebaran sel kanker. Wortel memiliki enzim untuk melawan kanker.

Skripsi berjudul "Pengaruh Perbedaan Suhu Pengeringan Terhadap Kadar Vitamin A pada Tepung Wortel (Daucus Carota L.) Grade Terendah Sebagai Sumber Belajar Biologi" menunjukkan wortel bisa mengobati berbagai jenis kanker.

Jika Anda rutin mengkonsumsi wortel bisa mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker larynx, kanker esofagus, dan kanker serviks.

2. Manfaat Wortel untuk Mata

Kandungan vitamin ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan protein untuk tubuh. Selain itu wortel bisa mencegah rabun senja. Selain itu wortel mengurangi mencegah katarak dan degenerasi makula.

3. Melancarkan Pencernaan

Enzim pencernaan bermanfaat mencegah diuretik. Diuretik merupakan obat untuk membuang kelebihan garam dan air. Wortel bisa menjadi diuretik alami untuk melancarkan buang air kecil.

Senyawa lain bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Konsumsi wortel dapat mengurangi mual pada wanita hamil. Selain itu bisa mencegah radang lambung, tubuh lesu, gangguan empedu, penyakit dalam pencernaan (hyperaciditas), pendarahan gusi, dan lemah syaraf.

Wortel mengandung serat untuk mengatasi sembelit. Zat gizi dalam wortel bisa mencegah bau mulut, mencegah serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah, membersihkan darah, menurunkan kolesterol darah, meningkatkan kesehatan usus besar.

4. Manfaat Wortel untuk Sumber Energi

Wortel dan beberapa sayuran hijau bermanfaat untuk kebutuhan tubuh. Seperti meningkatkan energi, produktivitas kerja, dan memperkuat organ-organ tubuh.

Wortel juga baik untuk makanan bayi. Caranya parut wortel berukuran lebih kecil, kemudian campurkan pada nasi. Wortel baik untuk pertumbuhan bayi yang sedang belajar makan.

5. Daun Wortel untuk Mengobati Luka

Sayuran ini bisa dikonsumsi untuk mengobati luka-luka dalam mulut, sariawan, dan pendarahan gusi. Caranya dengan mengunyah daun wortel segar dan sudah dibersihkan.

6. Daun Wortel Memperbaiki Pencernaan

Khasiat daun wortel lain adalah memperbaiki saluran pencernaan, mencegah pembentukan endapan dalam saluran kencing, dan memperkuat organ-oragan penting seperti jantung, paru-paru, mata, dan hati.

7. Manfaat Worterl Mentah untuk Wajah

Selain kaya manfaat untuk organ dalam, ternyata daun wortel baik untuk kulit. Daun yang sudah diolah menjadi sari daun dapat dioleskan sebagai obat luar. Obat luar ini untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

Daun dan umbi wortel bisa dihaluskan untuk masker. Masker ini untuk mengobati jerawat dan noda-noda hitam. Bisa juga dicampurkan sari daun dengan bubuk rimpang kunyit untuk hasil maksimal.

8. Bahan Kosmetik

Sekarang ini ada berbagai inovasi produk dari wortel. Inovasi ini untuk meningkatkan nilai jual wortel di pasaran. Selain itu untuk mensejahterakan petani wortel.

Wortel dipakai sebagai bahan kosmetik. Terdengar aneh, namun umbi wortel ini bermanfaat untuk kulit. Kandungan wortel bisa meremajakan wajah, kulit, dan memperlambat kerutan di wajah.

9. Menyuburkan Rambut

Beta karoten dalam wortel ini memberikan pigmen berwarna dominan pada buah dan sayur. Kandungan karoten dalam wortel bisa menyuburkan rambut. Karoten berguna untuk memperkuat jaringan tempat tumbuh helaian rambut.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement