8 Sayuran untuk Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya

Siti Nur Aeni
17 Agustus 2021, 18:20
8 Sayuran Untuk Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya
pixabay.com
Brokoli salah satu makanan yang mengandung asam folat baik untuk ibu hamil.

Sayur-sayuran memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khusus ibu hamil, sayuran ini berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan membantu dalam perkembangan serta pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Sayuran Sehat untuk Ibu Hamil

Di pasaran, ada banyak sekali jenis sayur. Meskipun semua sayuran baik untuk kesehatan namun ada beberapa sayuran yang paling direkomendasikan untuk konsumsi harian ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil.

1. Tomat

Tomat memiliki asam folat yang baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi di dalam tomat juga bisa membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada janin.

2. Selada

Selada menjadi pilihan sayuran untuk ibu hamil berikutnya karena memiliki kandungan asam folat. Kandungan asam folat inilah yang bisa mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin, serat, asam folat, dan kalsium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada bayi serta mencegah cacat lahir pada bayi.

4. Brokoli

Sayuran untuk ibu hamil selanjutnya yaitu brokoli. Sayur ini kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin K, serat, kalium zat besi, kalsium, dan asam folat. Nutrisi di dalam brokoli ini yang bisa mencegah sembelit dan mencegah berat badan bayi terlalu rendah saat dilahirkan.

5. Kale

Kale memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kale juga memiliki kandungan vitamin K yang beperan penting dalam pembekuan darah saat bayi lahir.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...