Pakcoy, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaat

Pakcoy atau bok choy merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini bernutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Image title
31 Agustus 2021, 10:30
Warga memanen tanaman Hidroponik Sawi Pakcoy di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Sudah 1 tahun warga melakukan budidaya Tanaman Hidroponik yang merupakan budidaya menanam memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pem
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Warga memanen tanaman Hidroponik Sawi Pakcoy di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Sudah 1 tahun warga melakukan budidaya Tanaman Hidroponik yang merupakan budidaya menanam memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman dan cocok dibudidayakan di wilayah perkotaan.

Pakcoy atau bok choy merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sayuran ini bukan berasal dari Indonesia, namun popularitas di dalam negeri cukup tinggi. Pakcoy juga dikenal dengan nama sawi sendok atau sawi daging. Bentuk daunnya memang menyerupai sendok dengan bagian pangkal yang menggelembung.

Sama halnya dengan jenis sayur hijau lainnya, bok choy banyak dibudidayakan petani karena mudah dan konsumennya pun cukup tinggi.

Klasifikasi Pakcoy

Tanaman sawi ini memiliki ciri morfologis yang mirip denga kubis dan kol. Tubuh tanaman ini tegak dengan kompak. Tangkai daunnya putih dengan warna daun hijau segar. Tangkai taun lebar dan kokoh. Ketika dikonsumsi sayur ini memiliki tekstur renyah dari tangkainya, serta cita rasa segar dan sedikit pahit. Adapun klasifikasi dari tanaman ini sebagai berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Rhoeadales
  • Famili: Brassicaceae
  • Genus: Brassica
  • Spesies: Brassica rapa

Karakteristik Morfilogi Tanaman Pakcoy

Sawi sendok ini memiliki beberapa ciri khas yang bisa dengan mudah di kenali. Dalam buku Bertanam Petsai dan Sawi karya Rukmana (1994), karakteristik dari sawi ini sebagai berikut:

1. Akar

Akar bok choy masuk dalam kategori akar tunggang dengan bentuk cabang akar menyebar keseluruh arah. Akar ini bisa masuk ke dalam tanah hingga kedalam 30 sampai 40 cm. Sama halnya dengan tanaman lainnya, akar sayur pakcoy juga berfungsi untuk menyerap air dan hara di dalam tanah, serta memperkuat tanaman agar bisa berdiri tegak.

2. Batang

Batang dari tanaman sawi ini ukurannya pendek dan memiliki ruas. Batang tersebut merupakan jenis batang semu dengan warna hijau muda. Fungsi dari batang tanaman ini sebagai pembentuk dan penopang daun.

3. Daun

Daun menjadi bagian utama yang dimanfaatkan manusia dari tanaman ini. Daun sayur pakcoy memiliki bentuk obal dengan warna hijau tua. Daun tanaman ini melekat pada batang dengan tangkai daun berwarna putih hingga hijau muda. Tangkai daun gemuk dan berdaging, jika anda memakan tangkainya bok choy rasanya renyah dan berair.

4. Bunga

Bunga tanaman ini tumbuh memanjang dan becabang banyak. Bunga akan muncul saat tanaman sudah sangat tua. Bunga sawi daging memiliki tiga kuntum yang terdiri dari empai helai kelopak daun, empat mahkota daun, empat benang sari, dan satu putih berongga dua. Bunga ini berwarna kuning. Jika kita datang ke lahan budidaya pakcoy mungkin jarang sekali menjumpai bunga tanaman ini sebab petani akan memanen sayuran ini sebelum keluar bunga.

5. Buah dan Biji

Buah dari sawi hijau berbentuk sendok ini merupakan buah polong dengan bentuk memanjang dan berongga. Dalam satu buah atau polong terdapat 2 hingga butir biji. Bentuk biji tanaman ini bulat kecil dengan warna coklat atau coklat kehitaman dengan permukaan licin mengkilap, dan agar keras.

Kandungan Pakcoy

Sama halnya dengan sayuran hijau pada umumnya, bok choy juga memiliki beberapa kandungan gizi dan vitamin. Melansir dari alodokter.com, vitamin pakcoy yang bemanfaat untuk tubuh diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, antioksidan, betakaroten, dan kalsium.

Sementara itu pada helosehat.com di jelaskan dalam satu cangkir atau 70 gram sawi sendok terdapat kandungan nutrisi seperti:

  • Protein 1 gram
  • Karbohidrat 1,5 gram
  • Serat 0,7 gram
  • Kalium 5%
  • Vitamin A 62%
  • Vitamin C 52%
  • Vitamin B6 5%
  • Kalsium 7%
  • Magnesum 3%
  • Zat besi 3%

Dari kandungan pakcoy tersebutlah tidak heran jika sayuran yang satu ini masuk dalam posisi enam kategori buah dan sayuran padat yang bergisi versi Aggregat Nutrient Densitity Index (ANDI). Konsumsi sayuran hijau ini selain lezat juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh anda.

Manfaat Pakcoy Kesehatan

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi, membuat tanaman hijau ini kaya akan manfaat. Mengutip dari laman alodokter.com, sehatq.com, dan doktersehat.com berikut ini beberapa manfaat pakcoy bagi kesehatan:

1. Mencegah kanker

Sawi sendok memiliki kandungan falvonoid dan isothiocynate yang dipercaya bisa mencegah penyakit kanker. Senyawa aktif tersebut bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan zat karsinogenik pemicu kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal, postat, paru-paru, dan payudara bisa dicegah dengan rutin konsumsi makanan sehat yang satu ini.

2. Menurunkan darah tinggi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering diderita banyak orang. Penyakit ini bisa dicegah atau diobati dengan konsumsi makanan yang bergizi terutama makanan dengan kandungan kalsium dan kalium yang tinggi. Sayur pakcoy salah satu jenis sayuran hijau yang kaya kalsium dan kalium. Selain itu, vitamin B6 dan asam folat didalamnya juga bisa mengurangi senyawa berbahaya yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan otot jantung.

3. Mencegah risiko penyakit jantung

Kandungan kalori dan kolesterol yang rendah ternyata membuat sayuran ini bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah risiko berbahaya dari penyakit jantung. Sawi daging ini juga memiliki kandungan asam folat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Dari penelitian yang pernah dilakukan, bok choy memiliki kemampuan untuk mencegah produksi homosistein. Jika homosistein ini jumlahnya terlalu banyak, maka bisa menyebabkan pembuluh darah rusak dan risiko penyakit jantung meningkat.

4. Memelihara kesehatan mata

Pakcoy juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah terjadinya masalah pada kesehatan mata seperti mata kering, degenerasi makula, hingga katarak. Kandungan vitamin A dan beta karoten di dalamnya yang membuat sayuran ini baik untuk kesehatan mata.

5. Menguatkan tulang

Sawi sendok ini mamiliki kandungan zat besi, fosfor, kalisum, magnesium, dan vitamin yang bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayuran ini merupakan sumber kalsium nabati yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang alergi susu.

6. Memelihara kesehatan pencernaan

Sawi bok choy memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal tersebut yang membuat makanan ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Sayuran ini juga aman dikonsumsi penderita IBS atau penyakit Crohn.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat sayuran ini cocok dikonsumsi sehari-hari. Beragam vitamin dan mineral yang ada di dalam sawi sendok dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah adanya infeksi.

8. Mengilangkan kerutan pada kulit

Vitamin C yang terdapat didalam sayuran ini ternyata bermanfaat juga untuk kecantikan, terutama dalam menunda penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan halus di wajah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut ternyata bisa dengan konsumsi sawi sendok, karena sawi ini memiliki vitamin dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan memicu kolagen untuk menyamarkan kerutan.

Efek Samping Pakcoy

Meskipun bernutrisi, namun konsumsi sawi sendok terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai efek samping. Mengutip dari idnmedis.com, setidaknya ada dua efek samping pakcoy jika dikonsumsi berlebihan.

1. Menyebabkan penyakit gondok

Penyakit gondok muncul ketika jumlai yodium di dalam tubuh terlalu sedikit. Bok choy merupakan tanaman yang memiliki kandungan goitrogenik. Kandungan tersebut ternyata bisa menbahan tiroid iodida dan apabila  dibiarkan bisa mengurangi jumlai yodium.

2. Bisa menyebabkan batu ginjal

Pakcoy memiliki kandungan asam oksalat yang cukup tinggi. Asam oksalat sebenarnya juga dibutuhkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak bisa menjadi boomerang untuk tubuh. Asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit baju ginjal karena senyawa ini akan berikatan dengan kalsium dan tidak larut sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Akibatnya senyawa akan mengendap pada ginjal dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Cara Mengolah Sayur Pakcoy

Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran ini, ada beberapa cara mengolah sayur pakcoy yang bisa anda coba, seperti:

  1. Dikukus; Cara ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena kandungan vitamin dan mineralnya masih terjaga dengan baik.
  2. Tumis; Anda bisa mencampurkna pakcoy dengan bahan makanan lainnya seperti ayam, bakso, atau sayuran lain yang membuat nilai gizinya semakin tinggi.
  3. Rebus; Dengan menggunakan cara ini anda bisa mengkonsumsi sayuran yang sudah matang sekaligus air bekas rebusannya. Dengan demikian tidak ada nutrisi yang terbuang
  4. Panggang; Cara ini biasanya dipilih jika ingin menikmati sayur hijau dengan daging panggang yang sedap.
  5. Diolah menjadi jus; Pakcoy bisa dijus dengan menambahkan berbagai bahan sehat lain. Minuman sehat ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang menjalankan pola hidup sehat.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait