Pakcoy, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaat

Siti Nur Aeni
31 Agustus 2021, 10:30
Warga memanen tanaman Hidroponik Sawi Pakcoy di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Sudah 1 tahun warga melakukan budidaya Tanaman Hidroponik yang merupakan budidaya menanam memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pem
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Warga memanen tanaman Hidroponik Sawi Pakcoy di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Sudah 1 tahun warga melakukan budidaya Tanaman Hidroponik yang merupakan budidaya menanam memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman dan cocok dibudidayakan di wilayah perkotaan.

Pakcoy atau bok choy merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sayuran ini bukan berasal dari Indonesia, namun popularitas di dalam negeri cukup tinggi. Pakcoy juga dikenal dengan nama sawi sendok atau sawi daging. Bentuk daunnya memang menyerupai sendok dengan bagian pangkal yang menggelembung.

Sama halnya dengan jenis sayur hijau lainnya, bok choy banyak dibudidayakan petani karena mudah dan konsumennya pun cukup tinggi.

Advertisement

Klasifikasi Pakcoy

Tanaman sawi ini memiliki ciri morfologis yang mirip denga kubis dan kol. Tubuh tanaman ini tegak dengan kompak. Tangkai daunnya putih dengan warna daun hijau segar. Tangkai taun lebar dan kokoh. Ketika dikonsumsi sayur ini memiliki tekstur renyah dari tangkainya, serta cita rasa segar dan sedikit pahit. Adapun klasifikasi dari tanaman ini sebagai berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Rhoeadales
  • Famili: Brassicaceae
  • Genus: Brassica
  • Spesies: Brassica rapa

Karakteristik Morfilogi Tanaman Pakcoy

Sawi sendok ini memiliki beberapa ciri khas yang bisa dengan mudah di kenali. Dalam buku Bertanam Petsai dan Sawi karya Rukmana (1994), karakteristik dari sawi ini sebagai berikut:

1. Akar

Akar bok choy masuk dalam kategori akar tunggang dengan bentuk cabang akar menyebar keseluruh arah. Akar ini bisa masuk ke dalam tanah hingga kedalam 30 sampai 40 cm. Sama halnya dengan tanaman lainnya, akar sayur pakcoy juga berfungsi untuk menyerap air dan hara di dalam tanah, serta memperkuat tanaman agar bisa berdiri tegak.

2. Batang

Batang dari tanaman sawi ini ukurannya pendek dan memiliki ruas. Batang tersebut merupakan jenis batang semu dengan warna hijau muda. Fungsi dari batang tanaman ini sebagai pembentuk dan penopang daun.

3. Daun

Daun menjadi bagian utama yang dimanfaatkan manusia dari tanaman ini. Daun sayur pakcoy memiliki bentuk obal dengan warna hijau tua. Daun tanaman ini melekat pada batang dengan tangkai daun berwarna putih hingga hijau muda. Tangkai daun gemuk dan berdaging, jika anda memakan tangkainya bok choy rasanya renyah dan berair.

4. Bunga

Bunga tanaman ini tumbuh memanjang dan becabang banyak. Bunga akan muncul saat tanaman sudah sangat tua. Bunga sawi daging memiliki tiga kuntum yang terdiri dari empai helai kelopak daun, empat mahkota daun, empat benang sari, dan satu putih berongga dua. Bunga ini berwarna kuning. Jika kita datang ke lahan budidaya pakcoy mungkin jarang sekali menjumpai bunga tanaman ini sebab petani akan memanen sayuran ini sebelum keluar bunga.

5. Buah dan Biji

Buah dari sawi hijau berbentuk sendok ini merupakan buah polong dengan bentuk memanjang dan berongga. Dalam satu buah atau polong terdapat 2 hingga butir biji. Bentuk biji tanaman ini bulat kecil dengan warna coklat atau coklat kehitaman dengan permukaan licin mengkilap, dan agar keras.

Kandungan Pakcoy

Sama halnya dengan sayuran hijau pada umumnya, bok choy juga memiliki beberapa kandungan gizi dan vitamin. Melansir dari alodokter.com, vitamin pakcoy yang bemanfaat untuk tubuh diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, antioksidan, betakaroten, dan kalsium.

Sementara itu pada helosehat.com di jelaskan dalam satu cangkir atau 70 gram sawi sendok terdapat kandungan nutrisi seperti:

  • Protein 1 gram
  • Karbohidrat 1,5 gram
  • Serat 0,7 gram
  • Kalium 5%
  • Vitamin A 62%
  • Vitamin C 52%
  • Vitamin B6 5%
  • Kalsium 7%
  • Magnesum 3%
  • Zat besi 3%

Dari kandungan pakcoy tersebutlah tidak heran jika sayuran yang satu ini masuk dalam posisi enam kategori buah dan sayuran padat yang bergisi versi Aggregat Nutrient Densitity Index (ANDI). Konsumsi sayuran hijau ini selain lezat juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh anda.

Manfaat Pakcoy Kesehatan

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi, membuat tanaman hijau ini kaya akan manfaat. Mengutip dari laman alodokter.com, sehatq.com, dan doktersehat.com berikut ini beberapa manfaat pakcoy bagi kesehatan:

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement