18 Manfaat Apel untuk Wajah dan Diet

Dwi Latifatul Fajri
3 September 2021, 16:20
18 Manfaat Apel untuk Wajah dan Diet
Sarah Chai/Pexels
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah

Apel termasuk jenis buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Pohon apel bisa tumbuh subur di iklim subtropis, dan iklim lembab. Di Indonesia, apel dikembangkan di dataran tinggi seperti Pasuruan dan Malang.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), masyarakat Indonesia mengkonsumsi apel rata rata 0,6 kilogram per kapita per tahun. Data tersebut meningkat 0,02 % tiap tahun dari 2007 sampai 2008.

Advertisement

Klasifikasi Apel

  • Divisi : spermatophyte
  • Subdivisi : angiosperma
  • Kelas : dicotyledonae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Malus
  • Species : Malus sylvestris mill

Manfaat Buah Apel

Apel mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin C, vitamin B kompleks – B-6, thiamin dan riboflavin, serat makanan, fitonutrien, kalium, zat besi, kalsium dan fosfor. Buah ini bisa dimakan untuk ibu hamil, untuk perawatan wajah, diet dan kesehatan. Berikut manfaat buah Apel:

1. Mencegah kolesterol

Apel mengandung senyawa flavonoid. Senyawa ini terdapat pada tanaman hijau termasuk alga. Kandungan senyawa ini berguna untuk antioksidan. Sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol.

2. Manfaat apel untuk diet

Apel untuk diet sehat karena kandungan flavonoid-nya yang paling penting yaitu quercetin yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan ini punya kemampuan untuk menangkap radikal bebas dan mengurangi penimbunan lemak dan stroke.

Penimbunan lemak cukup berbahaya karena bisa menghambat jalur pembuluh darah. Kandungan quercetin setiap apel bervariasi. Hal ini dipengaruhi perbedaan varietas, nutrisi tanaman, dan proses pertumbuhan apel.

3. Apel baik untuk tulang

Kandungan apel lainnya adalah kalsium. Ibu hamil dianjurkan memakan apel selama kehamilan. Konsumsi apel dapat membentuk perkembangan tulang bayi.

4. Membantu pencernaan

Apel mengandung serat untuk membantu proses metabolisme dan meningkatkan pencernaan. Selain itu apel dapat mengurangi gangguan usus.

5. Menambah sistem imun

Apel baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena apel mengandung vitamin C.

6. Mencegah anemia/kekurangan darah

Anemia membantu mencegah anemia karena terkandung zat besi. Untuk ibu hamil, anemia menjadi masalah karena berhubungan dengan berat badan bayi dan bayi bisa lahir prematur.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Apel membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi mual.

8. Detoksifikasi atau pengeluaran racun

Kandungan apel bisa membersihkan dan detoksifikasi racun dalam tubuh

9. Mencegah alergi

Selama kehamilan, dianjurkan untuk konsumsi ikan dan apel. Kedua makanan ini bisa bantu mencegah kehamilan.

10. Rendah kalori

Jika anda sedang menjalani program diet, cobalah rutin konsumsi apel segar. Apel dapat memberikan energi untuk tubuh karena mengandung karbohidrat. Selain itu apel juga rendah kalori.

11. Mencegah kanker

Mengutip dari parenting.firstcr, penelitian menemukan hasil apel mencegah kanker. Jika rutin makan apel dapat membantu mencegah kanker hingga 422%.

12. Meningkatkan daya ingat

Apel mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Kandungan ini mencegah kerusakan sel otak, sampai mengurangi resiko Alzheimer, dan demensia. Selain dimakan langsung, anda bisa minum jus apel setiap hari. Jus apel bisa meningkatkan dan melindungi otak.

13. Sumber energi

Jumlah kalori dan sumber energi tiap orang bisa berbeda. Untuk anda yang menjalani diet, apel memiliki glukosa, sukrosa, dan fruktosa sebagai energi tambahan.

14. Mengurangi gula rendah

Satu buah apel bisa menjadi sumber energi ketika lapar. Selain itu kandungan gula pada apel bisa mengurangi masalah gula darah rendah.

15. Mencegah masalah pernapasan

Ibu hamil direkomendasikan makan buah apel rutin. Selama masa kehamilan, apel dapat menurunkan resiko asma pada bayi anda. Kandungan antioksidan dapat memperkuat dan menjaga masalah pernapasan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement