18 Manfaat Apel untuk Wajah dan Diet

Apel termasuk buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Pohon apel bisa tumbuh subur di iklim subtropis, dan iklim lembab. Berikut 18 manfaat apel untuk wajah dan diet.
Dwi Latifatul Fajri
3 September 2021, 16:20
18 Manfaat Apel untuk Wajah dan Diet
Sarah Chai/Pexels
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah

Apel termasuk jenis buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Pohon apel bisa tumbuh subur di iklim subtropis, dan iklim lembab. Di Indonesia, apel dikembangkan di dataran tinggi seperti Pasuruan dan Malang.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), masyarakat Indonesia mengkonsumsi apel rata rata 0,6 kilogram per kapita per tahun. Data tersebut meningkat 0,02 % tiap tahun dari 2007 sampai 2008.

Klasifikasi Apel

  • Divisi : spermatophyte
  • Subdivisi : angiosperma
  • Kelas : dicotyledonae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Malus
  • Species : Malus sylvestris mill

Manfaat Buah Apel

Apel mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin C, vitamin B kompleks – B-6, thiamin dan riboflavin, serat makanan, fitonutrien, kalium, zat besi, kalsium dan fosfor. Buah ini bisa dimakan untuk ibu hamil, untuk perawatan wajah, diet dan kesehatan. Berikut manfaat buah Apel:

1. Mencegah kolesterol

Apel mengandung senyawa flavonoid. Senyawa ini terdapat pada tanaman hijau termasuk alga. Kandungan senyawa ini berguna untuk antioksidan. Sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol.

Advertisement

2. Manfaat apel untuk diet

Apel untuk diet sehat karena kandungan flavonoid-nya yang paling penting yaitu quercetin yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan ini punya kemampuan untuk menangkap radikal bebas dan mengurangi penimbunan lemak dan stroke.

Penimbunan lemak cukup berbahaya karena bisa menghambat jalur pembuluh darah. Kandungan quercetin setiap apel bervariasi. Hal ini dipengaruhi perbedaan varietas, nutrisi tanaman, dan proses pertumbuhan apel.

3. Apel baik untuk tulang

Kandungan apel lainnya adalah kalsium. Ibu hamil dianjurkan memakan apel selama kehamilan. Konsumsi apel dapat membentuk perkembangan tulang bayi.

4. Membantu pencernaan

Apel mengandung serat untuk membantu proses metabolisme dan meningkatkan pencernaan. Selain itu apel dapat mengurangi gangguan usus.

5. Menambah sistem imun

Apel baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena apel mengandung vitamin C.

6. Mencegah anemia/kekurangan darah

Anemia membantu mencegah anemia karena terkandung zat besi. Untuk ibu hamil, anemia menjadi masalah karena berhubungan dengan berat badan bayi dan bayi bisa lahir prematur.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Apel membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi mual.

8. Detoksifikasi atau pengeluaran racun

Kandungan apel bisa membersihkan dan detoksifikasi racun dalam tubuh

9. Mencegah alergi

Selama kehamilan, dianjurkan untuk konsumsi ikan dan apel. Kedua makanan ini bisa bantu mencegah kehamilan.

10. Rendah kalori

Jika anda sedang menjalani program diet, cobalah rutin konsumsi apel segar. Apel dapat memberikan energi untuk tubuh karena mengandung karbohidrat. Selain itu apel juga rendah kalori.

11. Mencegah kanker

Mengutip dari parenting.firstcr, penelitian menemukan hasil apel mencegah kanker. Jika rutin makan apel dapat membantu mencegah kanker hingga 422%.

12. Meningkatkan daya ingat

Apel mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Kandungan ini mencegah kerusakan sel otak, sampai mengurangi resiko Alzheimer, dan demensia. Selain dimakan langsung, anda bisa minum jus apel setiap hari. Jus apel bisa meningkatkan dan melindungi otak.

13. Sumber energi

Jumlah kalori dan sumber energi tiap orang bisa berbeda. Untuk anda yang menjalani diet, apel memiliki glukosa, sukrosa, dan fruktosa sebagai energi tambahan.

14. Mengurangi gula rendah

Satu buah apel bisa menjadi sumber energi ketika lapar. Selain itu kandungan gula pada apel bisa mengurangi masalah gula darah rendah.

15. Mencegah masalah pernapasan

Ibu hamil direkomendasikan makan buah apel rutin. Selama masa kehamilan, apel dapat menurunkan resiko asma pada bayi anda. Kandungan antioksidan dapat memperkuat dan menjaga masalah pernapasan.

16. Manfaat apel untuk wajah

Selain baik untuk diet, apel juga bermanfaat untuk kulit. Rutin memakan apel dan buah bisa mencerahkan kulit. Apel mengandung kolagen yang membuat kulit elastis dan terlihat cerah.

17. Mencegah penuaan

Sekarang ini banyak masker yang terbuat dari bahan apel. Anda bisa membuat masker apel di rumah. Caranya cukup mudah yaitu parut apel sampai lembut, kemudian tempelkan secara merata pada wajah selama 10-20 menit.

Masker dari apel dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu mencegah penuaan dan mengangkat kulit kusam akibat polusi.

18. Manfaat lain apel

Rutin konsumsi apel dapat meningkatkan produktivitas tubuh. Apel bisa memperbaiki kualitas tidur. Selain itu apel bisa mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan produktivitas.

Cara Makan Apel

Apel baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan anak-anak. Apel juga baik untuk diet dan penderita jantung.

Cara makan apel yang baik adalah mencuci sampai bersih. Apel bersih bebas dari kontaminasi pestisida. Jika memungkinkan kalian bisa mencari apel organik bebas pestisida.

Hindari memakan apel bagian biji. Biji apel mengandung sianida yang beracun. Cara memakan apel yaitu potong jadi beberapa bagian. Kemudian ambil biji apel dan buang.

Penting untuk ibu hamil jika ingin memakan apel. Pastika biji apel sudah terbuang semua.

Morfologi Tanaman Apel

1. Akar

Pohol apel berasal dari biji dan membentuk akar tunggang. Akar apel arah tumbuhnya lurus atau vertikal ke dalam tanah. Fungsi akar ini sebagai penegak tanaman, penghisap air, dan unsur hara supaya bisa menembus tanah yang keras.

2. Batang

Batang apel cukup keras dan kuat. Warna batang apel cenderung kecoklatan, kuning, keabuan.

3. Daun

Daun apl berbentuk lonjong atau oval, lebar dan ada yang kecil. Pada bagian ujung daun runcing, sementara tepi daun bergerigi.

4. Bunga

Apel memiliki 7 sampai 9 bunga. Tiap bunga tumbuh di bagian ketiak daun. Mahkota bunga yang menyelubungi benang sari berjumlah 5 helai. Mahkota tersebut berwarna merah jambu atau putih. Pada bagian tengah terdapat bakal bunga/putik.

5. Buah

Bentuk apel lonjong di bagian pucuk, kulitnya agak kasar, tebal, pori-pori buah kasar. Ketika buah matang permukaannya menjadi halus dan mengkilat.

6. Masa panen

Waktu panen apel biasanya 4-5 bulan sejak pembungaan. Namun, masa panen ini juga dipengaruhi oleh proses pertumbuhan dan cuaca.

Apel siap dipanen jika warna kulit apel berubah warna. Misalnya apel hijau berubah jadi hijau tua ke hijau muda. Aroma apel bisa tercium ketika sudah matang.

Pada bagian tangkai bunga biasanya agak kering, membuat buah mudah terlepas. Pada bagian ujung buah kelopak bunga agak renggang.

Gizi Apel

Apel mengandung air, karbohidrat, gula, dan serat. Selain itu apel memiliki jenis vitamin B dan C yang cukup tinggi. Sedangkan vitamin A, E, dan K dalam jumlah kecil.

Apel memiliki mineral untuk kesehatan tulang seperti at besi, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Kandungan lain dalam apel yaitu beta-karoten, cryptoxanthin, flavonoid, dan anthocyanin.

Mineral utama di dalam apel adalah kalium, yang baik untuk kesehatan jantung. Sementara serat dalam apel disebut pektin. Pektin bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan membantu proses pencernaan.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait