20 Manfaat Buah Naga, Bisa untuk Makanan Pendamping ASI

Buah naga tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Selain rasanya yang lezat, manfaat buah naga sangat beragam. Ingin tahu manfaat-manfaatnya? Ini penjelasannya.
Image title
16 Agustus 2021, 08:28
manfaat buah naga
pixabay.com
Buah naga salah satu jenis buah yang populer di Indonesia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah naga tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Buah ini memiliki rasa manis dan terkstur unik serta kandungan air yang banyak membuat rasa buah ini sangat segar. Selain itu, manfaat buah naga sangat beragam.

Buah ini sangat mudah dikenali, warna kulit buah ini merah dengan daging buah berwarna merah dan ada juga yang daging buahnya berwarna putih. Daging buah naga memiliki biji yang sangat banyak, namun tenang saja karena biji buah ini kecil-kecil sehingga bisa dimakan.

Kandungan Buah Naga

Di dalam buah ini terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dikutip dari hellosehat.com, buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori. Kandungan buah naga itulah yang membuatnya kaya akan manfaat dan bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh,

Manfaat Buah Naga Merah

Seperti yang sudah dijelasakan sebelumnya bahwa buah naga terdapat dua jenis yang umum dijumpai yakni buah naga yang dagingnya berwarna putih dan buah naga yang dagingnya berwarna merah. Namun kedunya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari buah naga yakni bisa memelihara kesehatan jantung. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah naga juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker

Selain jantung, penyakit kronis lainnya yang bisa dicegah dengan konsumsi buah ini yaitu kanker. Manfaat buah naga ini karena didalamnya terdapat kandungan likopen dan hydroxycinnamates yang bisa mencegah kanker. Likopen di dalam buah naga inilah yang berperan sangat penting untuk mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker paru, hingga kanker payudara.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin yang ada di dalam buah ini membuat sistem imun tubuh bisa terjaga. Vitamin C dan senyawa antioksidan yang beperan paling besar untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel tubuh. Dengan daya tubuh yang terjaga maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Selain vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang. Bahkan di dalam satu cangkir buah naga memiliki kandungan magnesium hingga 80 mg yang artinya bisa memenuhi seperempat kebutuhan magnesium harian.

5. Mengatasi Radang pada Sendi

Penyakit radang sendi juga seringkali dikeluhkan banyak orang terutama lansia. Kondisi ini tentu akan sangat menggangu terutama dalam aktivitas sehari-hari. Jika anda merasakan nyeri karena radang sendi, anda bisa mengkonsumsi buah naga sebagai salah satu obat alaminya. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang juga memiliki sifat anti peradangan sehingga peradangan pada sendi bisa dikurangi.

6. Mencegah Sembelit

Manfaat lain dari buah naga yakni untuk mengatasi permasalahan pada pencernaan salah satunya sembelit. Buah ini memiliki kandungan oligosakarida yang merupakan prebiotik alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi juga membuat buah yang satu ini memiliki peran untuk mengontrol gerakan pada usus.

7. Cocok untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan tidak ada salahnya untuk menambahkan buah naga dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Manfaat buah naga untuk diet karena didalamnya terdapat serat yang cukup tinggi namun kalorinya rendah sehingga cocok sekali untuk camilan saat sedang diet. Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa perlu merasa bersalah dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah dengan rasa manis ini juga ternyata baik dikonsumsi ibu hamil. Ada beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Anemia

Kekurangan darah atau anemia merupakan masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Kadar hemoglobin dan eritrosit sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan bayi yang ada didalam kandunganya.

Selain itu, kadar darah dalam tubuh sangat diperlukan untuk persiapan persalinan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia yakni dengan konsumsi buah naga. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus, salad, atau dikonsumsi secara langsung.

2. Mencegah Infeksi

Infeksi mikroba pada ibu hamil juga cukup berisiko, sebab ketika ibu hamil mengalami infeksi maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandungnya. Bakteri atau mikroba bisa saja menembus plasenta dan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Untuk mencegah terjadinya infeksi ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebagai upaya pencegahannya. Buah ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri sehingga baik untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh kedua jenis mikroba tersebut.

3. Mencegah Keguguran

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya yakni untuk menjaga kandungan agar tidak keguguran. Buah naga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang beperan penting dalam menjaga janin di dalam rahim ibu terutama saat trimester pertama.

4. Menambah Energi pada Ibu Hamil

Energi lebih sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab pada masa kehamilan energi ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan ibu hamil saja namun juga diberikan kapa bayi yang dikandungnya. Oleh sebab itu, kebutuhan energi harus cukup. Buah naga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, konsumsi buah naga juga bisa membantu mencukupi energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Buah naga biasanya juga dijadikan salah satu makanan pendamping ASI atau MPASI. Buah yang kaya vitamin ini ternyata juga baik untuk kesehatan bayi. Ada beberapa manfaat buah naga untuk bayi, berikut ini penjelasannya.

1. Sumber Vitamin C

Vitamin C tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, bayi juga butuh vitamin ini untuk menjaga perkembangan tulang, otot, gigi, dan menjaga daya tahan tubuhnya. Buah naga bisa menjadi salah satu pilihan sumber vitamin C yang aman dikonsumsi bayi.

2. Menguatkan Tulang

Kandungan potasium, flavonoid, dan fenolik di dalam buah naga ternyata baik untuk menguatkan tulang bayi. Selain itu, konsumsi buah naga sejak bayi juga bisa mencegah arthritis saat dewasa nanti.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun saat masih bayi belum banyak mengalami masalah pada mata, namun upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin. Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin inilah yang beperan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit bayi.

4. Melancarkan Pencernaan Bayi

Manfaat buah naga selanjutnya yakni bisa melancarkan pencernaan bayi. Gangguan pencernaan ini memang sering dialami oleh bayi. Akan tetapi bayi belum boleh mengkonsumsi banyak obat kimia, sehingga untuk mengatasinya harus menggunakan bahan alami seperti buah naga. Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini bisa mengatasi sembelit.  Selain itu, buah naga juga merupakan sumber prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas juga ternyata berbahaya untuk kesehatan bayi. Salah satu upaya untuk melindungi bayi dari radikal bebas yakni dengan perbanyak konsumsi senyawa antioksidan. Buah naga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang aman dikonsumsi bayi pada masa MPASI. Buah ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga bayi pasti menyukainya.

Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Memiliki wajah sehat secara alami mungkin idaman semua orang. Banyak bahan alami yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan wajah, salah satunya buah naga. Bagi anda yang ingin melakukan perawatan wajah secara alami, berikutini daftar manfaat buah naga untuk wajah yang wajib anda ketahui.

1. Menghaluskan Kulit Secara Alami

Siapa saja pasti ingin kulit wajahnya halus dan mulus. Buah naga ternyata bisa menjadi salah satu bahan alami yang membuat kulit lebih halus. Di dalam buah naga memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan vitamin B3 yang baik untuk menghaluskan kulit secara alami.

2. Mencegah Masalah Jerawat

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk mengatasi masalah jerawat. Bukan hanya bermanfaat unutk menghilangkan jerawat, namun manfaat buah naga untuk wajah juga bisa mengatasi bekas jerawat yang sangat menggangu.

3. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Manfaat buah naga selanjutnya yakni bisa untuk mencegah penuaan dini. Buah naga memiliki kemampuan untuk menghilangkan tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus karena kaya akan vitamin E dan betakaroten. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Menjaga Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang sangat tinggi bisa menyebabkan kulit terbakar. Untuk mencegah hal tersebut perlu adanya perlindungan khusus. Buah naga dengan kandungan vitamin B3 ternyata bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting untuk menenangkan dan melembabkan kulit secara alami.

Itulah beberapa manfaat buah naga yang kaya akan nutrisi. Kandungan buah naga tersebut bisa berfungsi optimal jika diimbangi juga dengan pola hidup sehat lainnya.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait