20 Manfaat Buah Naga, Bisa untuk Makanan Pendamping ASI

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 08:28
manfaat buah naga
pixabay.com
Buah naga salah satu jenis buah yang populer di Indonesia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah naga tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Buah ini memiliki rasa manis dan terkstur unik serta kandungan air yang banyak membuat rasa buah ini sangat segar. Selain itu, manfaat buah naga sangat beragam.

Buah ini sangat mudah dikenali, warna kulit buah ini merah dengan daging buah berwarna merah dan ada juga yang daging buahnya berwarna putih. Daging buah naga memiliki biji yang sangat banyak, namun tenang saja karena biji buah ini kecil-kecil sehingga bisa dimakan.

Kandungan Buah Naga

Di dalam buah ini terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dikutip dari hellosehat.com, buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori. Kandungan buah naga itulah yang membuatnya kaya akan manfaat dan bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh,

Manfaat Buah Naga Merah

Seperti yang sudah dijelasakan sebelumnya bahwa buah naga terdapat dua jenis yang umum dijumpai yakni buah naga yang dagingnya berwarna putih dan buah naga yang dagingnya berwarna merah. Namun kedunya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari buah naga yakni bisa memelihara kesehatan jantung. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah naga juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker

Selain jantung, penyakit kronis lainnya yang bisa dicegah dengan konsumsi buah ini yaitu kanker. Manfaat buah naga ini karena didalamnya terdapat kandungan likopen dan hydroxycinnamates yang bisa mencegah kanker. Likopen di dalam buah naga inilah yang berperan sangat penting untuk mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker paru, hingga kanker payudara.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin yang ada di dalam buah ini membuat sistem imun tubuh bisa terjaga. Vitamin C dan senyawa antioksidan yang beperan paling besar untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel tubuh. Dengan daya tubuh yang terjaga maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Selain vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang. Bahkan di dalam satu cangkir buah naga memiliki kandungan magnesium hingga 80 mg yang artinya bisa memenuhi seperempat kebutuhan magnesium harian.

5. Mengatasi Radang pada Sendi

Penyakit radang sendi juga seringkali dikeluhkan banyak orang terutama lansia. Kondisi ini tentu akan sangat menggangu terutama dalam aktivitas sehari-hari. Jika anda merasakan nyeri karena radang sendi, anda bisa mengkonsumsi buah naga sebagai salah satu obat alaminya. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang juga memiliki sifat anti peradangan sehingga peradangan pada sendi bisa dikurangi.

6. Mencegah Sembelit

Manfaat lain dari buah naga yakni untuk mengatasi permasalahan pada pencernaan salah satunya sembelit. Buah ini memiliki kandungan oligosakarida yang merupakan prebiotik alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi juga membuat buah yang satu ini memiliki peran untuk mengontrol gerakan pada usus.

7. Cocok untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan tidak ada salahnya untuk menambahkan buah naga dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Manfaat buah naga untuk diet karena didalamnya terdapat serat yang cukup tinggi namun kalorinya rendah sehingga cocok sekali untuk camilan saat sedang diet. Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa perlu merasa bersalah dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah dengan rasa manis ini juga ternyata baik dikonsumsi ibu hamil. Ada beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Anemia

Kekurangan darah atau anemia merupakan masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Kadar hemoglobin dan eritrosit sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan bayi yang ada didalam kandunganya.

Selain itu, kadar darah dalam tubuh sangat diperlukan untuk persiapan persalinan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia yakni dengan konsumsi buah naga. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus, salad, atau dikonsumsi secara langsung.

2. Mencegah Infeksi

Infeksi mikroba pada ibu hamil juga cukup berisiko, sebab ketika ibu hamil mengalami infeksi maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandungnya. Bakteri atau mikroba bisa saja menembus plasenta dan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Untuk mencegah terjadinya infeksi ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebagai upaya pencegahannya. Buah ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri sehingga baik untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh kedua jenis mikroba tersebut.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...