12 Pilihan Destinasi Wisata Malang

Image title
9 September 2021, 13:50
Wisatawan berekreasi di Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, yang merupakan desa wisata Malang.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.
Wisatawan berekreasi di Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, yang merupakan desa wisata Malang.

Kota Malang bukan cuma dikenal sebagai kota pendidikan atau kota olahraga. Kota dengan ciri khas Topeng Malangan ini juga dikenal sebagai kota wisata. Tentu saja julukan itu lahir sebab Malang menyimpan berjuta kekayaan alam dengan fasilitias wisata yang memadai.

Bukan cuma itu, kota tempat lahirnya klub sepak bola Arema FC ini juga dianugerahi julukan kota dingin lantaran lokasinya yang dikelilingi pegunungan, seperti Gunung Arjuno - Welirang, Gunung Kawi, Gunung Bromo, Gunung Semeru.

Di Malang, para wisatawan bisa memilih beragam pilihan wisata, mulai dari wisata alam, wisata buatan, sampai wisata kuliner. Semua tempat pelarian sementara dari penatnya hidup tersedia di kota ini.  Berikut 10 destinasi wisata Malang, Jawa Timur.

1. Brakseng

Wisata alam yang berlokasi di Desa Sumbar Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini punya latar perkebunan yang hijau hingga pegunungan asri sehingga kerap dijadikan tempat bersantai dan spot berfoto.

Para wisatawan bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

2. Bukit Jengkoang

Bukit Jengkoang merupakan salah satu wisata alam trendi di Malang. Bukit yang terletak di Kecamatan Bumiaji ini menyuguhkan pemandangan berupa perbukitan, lahan pertanian, hutan pinus, sampai megahnya Gunung Arjuno.

Bukan hanya itu, Bukit Jengkoang juga punya bangunan tua antik yang menambah kesan eksotis, sehingga tak heran pengunjung berebut untuk menangkap momen di bukit ini.

Di tempat ini, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti camping, bersepada, hingga off-road jeep dengan pilihan trek dari yang santai sampai ekstrem.

3. Batu Flower Garden

Menyuguhkan beragam tanaman cantik serta panorama alam yang menyejukan menjadi alasan wisatawan berkunjung ke Batu Flower Garden. Ada berbagai titik foto menawan yang bisa disinggahi pengunjung, seperti kursi terbang, tree house, rumah hobbiton, hammock tower, hingga smurfy house.

Setelah puas berswafoto, ada banyak pilihan permainan yang layak dicoba, di antaranya ATV, paintball, trampolin, sampai flying fox yang bikin pengunjung betah berlama-lama di kebun bunga ini.

Lokasi wisata yang terletak di Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 35.000.

4. Lumbung Stroberi

Anda penikmat stroberi? Destinasi agrowisata yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi. Sesuai namanya, lumbung ini menyajikan bejibun tanaman stroberi.

Wisatawan yang berkunjung bisa memetik buah stroberi, menikmati stroberi segar, hingga belajar tentang cara menananm, merawat, dan pasca panen buah stroberi. Apalagi, aktivitas tersebut dilakukan sambil menikmati pemandangan Gunung Panderman dan Gunung Arjuno yang memanjakan mata.

Lumbung yang terletak di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini juga menawarkan aktivitas lainnya, seperti rafting, tubing, dan bersantai di kafe.

Untuk berkunjung ke tempat wisata yang buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00 WIB ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebsar Rp 25.000 untuk aktivitas memetik buah termasuk perlengkapan, seperti keranjang topi, gunting, hingga pemandu. Biaya tersebut juga sudah mencakup untuk Anda menikmati jus stroberi.

5. Gua Pinus

Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandang berupa pohon pinus yang menjulang dan memberikan sensasi segar nan asri kepada para pengunjung.

Gua yang terletak di Kawasan Pujon, Desa Gunungsari, Bumiaji ini menyediakan banyak spot foto, di antaranya perahu melayang, pos kayu unik, rumah Papua, sangkar lingkaran, gazebo akar, sampai balon udara. Semuanya lengkap untuk memenuhi kebutuhan foto pengunjung.

Buka mulai pukul 07.00 – 17.30 WIB, tiket masuk Gua Pinus terbilang murah, yakni Rp 10.000. Apalagi prasarana yang tersedia juga cukup komplit, mulai dari area parkir sampai kafe yang bisa jadi tempat bersantai untuk mengisi perut sambil menikmati indahnya pohon pinus.

6. Bukit Nirwana

Berkemah memang menjadi salah satu kegiatan pilihan bagi sebagian orang ketika berada jauh dari sesaknya perkotaan. Salah satu lokasi berkemah populer di Kota Malang adalah Bukti Nirwana.

Bukit Nirwana di kelilingi oleh 10 gunung dan dilengkapi dengan pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Tak heran, banyak di antara penikmat alam  bergantian untuk menuju puncak bukti Nirwana dan berkemah bersama kerabat terdekat.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...