Wisata Taman Nasional Alas Purwo yang Asri dan Sejuk

Image title
1 September 2021, 06:30
Pemandangan alam dan binatang di Taman Nasional Alas Purwo
www.indonesia.travel
Pemandangan alam dan binatang di Taman Nasional Alas Purwo

Banyuwangi memiliki potensi wisata yang beragam. Pada tahun 2016 wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi sejumlah 4.022.449 orang dan di tahun 2019 jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi menjadi 5.307.054 orang menurut situs web Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Tak hanya menarik wisatawan lokal, keindahan Banyuwangi juga terkenal hingga internasional. Terbukti dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2016 sebanyak 77.139 orang, meningkat signifikan menjadi 101.622 orang di tahun 2019.

Terdapat sebuah taman nasional yang terkenal di Banyuwangi, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Taman nasional tersebut terletak di sisi selatan Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Tegaldlimo.

Menurut situs web Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kawasan Alas Purwo semula berstatus Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 6 stbl 456 tanggal 01 September 1939 dengan luas area sebesar 62.000 ha.

Kemudian kawasan tersebut diubah menjadi Taman Nasional Alas Purwo dengan luas 43.420 ha melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan pada tahun 1992. Saat ini, Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas 44.037 hektar dan memiliki banyak keindahan yang bisa dinikmati. 

Salah satu keunikan dari Taman Nasional Alas Purwo adalah banteng yang bisa dilihat dari padang Savana Sadengan di tengah hutan. Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat sebuah tempat ibadah umat Hindu yang diyakini sebagai tertua yaitu Pura Kawitan.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan hutan yang mempunyai berbagai macam tipe ekosistem mulai dari pantai (hutan pantai) sampai hutan hujan dataran rendah, hutan mangrove, hutan bambu, savana, dan hutan tanaman.

Ekosistem Taman Nasional Alas Purwo

Dari situs web Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diketahui terdapat 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil. Jenis tumbuhan mulai dari tingkat tumbuhan bawah sampai tumbuhan tingkat pohon dari berbagai tipe/formasi vegetasi.

Beberapa tumbuhan khas dan endemik pada taman nasional ini yaitu sawo kecik (Manilkara kauki). Selain itu tumbuhan yang sering dijumpai yaitu ketapang (Terminalia catappa), nyamplung (Calophyllum inophyllum), kepuh (Sterculia foetida), keben (Barringtonia asiatica), dan 10 jenis bambu.

Selain tanaman, Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki jenis-jenis hewan daratan, baik kelas mamalia, aves dan herpetofauna (reptil dan amfibi). Terdapat  50 jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo. Beberapa jenis mamalia yang dapat dijumpai adalah banteng (Bos javanicus), rusa (Cervus timorensis), ajag (Cuon alpinus), dan babi hutan (Sus scrofa).

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement