Jokowi: Pemuda Adalah Pemimpin Era Digital

Rizky Alika
28 Oktober 2021, 13:56
Jokowi
Katadata

Presiden Joko Widodo menegaskan peran penting pemuda sebagai pemimpin di era digital. 

Dalam pidato peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10), Presiden mengajak Indonesia untuk bersatu dalam menghadapi perubahan dunia. Sebab, zaman telah berubah dari analog menjadi digital.

Para pemuda pun lahir, tumbuh, dan dewasa pada era digital. "Kita generasi pendahulu adalah pendatang, migran digital," ujarnya. 

Pada era digital tersebut, pemuda memiliki peran sentral. Pemuda juga menjadi kekuatan terbesar bonus demografi bagi bangsa Indonesia.

Kemudian, pemuda merupakan pemberani untuk ambil risiko dan merebut peluang. "Pemuda menjadi yang terdepan dalam menemukan cara baru yang inovatif," kata dia.

Adapun, menjamurnya start up yang sukses pada kancah global menjadi bukti kekuatan pemuda. Kepala Negara pun menilai, sudah waktunya kaum muda untuk menjadi pemimpin dalam memenangkan kompetisi.

Meski begitu, Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan pemimpin harus menguasai teknologi, bukan dikuasai teknologi. Kemudian, kaum muda juga harus berani ambil inisiatif, humanis, mau belajar kepada siapa saja terkait apapun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...