Pemerintah Enggan Tanggapi Peluang Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Image title
1 November 2021, 14:36
Jokowi-Andika Perkasa
Katadata
KSAD Jenderal Andika Perkasa Ikut melepas Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta. Sumber: Setkab

Pemerintah enggan menanggapi spekulasi peluang Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Sebelumnya, nama Andika kembali mencuat setelah ia ikut melepas rombongan Presiden ke Eropa pada Jumat (29/10).

Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan saat ini Presiden masih menunggu jadwal sidang Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengirimkan Surat Presiden mengenai calon panglima TNI.

Saat ini fokus pemerintah adalah agenda nasional untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Faldo mengatakan masih ada waktu untuk mencari perwira terbaik yang akan menggantikan posisi Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI. Lebih lanjut dirinya mengatakan jika sudah tampak dari tanda-tanda terkait pemilihan TNI, maka akan langsung diumumkan oleh pemerintah.

"Tidak mungkin diam-diam," ujar Faldo kepada Katadata akhir pekan lalu. 

Faldo menyampaikan waktu yang tersisa sebelum Marsekal Hadi memasuki masa pensiun harus dimanfaatkan dengan baik karena memiliki sedereret tugas yang berat. Salah satu fokusnya adalah membantu rakyat untuk melewati pandemi, melakukan pengembangan personel baik dari segi kualitas personil maupun karir, pengembangan alat utama sistem senjata (alutsista) dan harmonisasi tata kelola di tubuh tiga matra TNI.

Sebelumnya kehadiran Andika Perkasa pada pelepasan Presiden ke Eropa di Bandara Soekarno-Hatta menjadi sorotan tersendiri. Andika merupakan pesaing kuat, KSAL Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI yang justru tidak hadir dalam pelepasan tersebut. Selain Andika, pelepasan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...