Muktamar NU: Pemilihan Ketua PBNU Akan Digelar Kamis Malam

Image title
23 Desember 2021, 11:41
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) saat menghadiri pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 di Pondok Pesantren Darus Sa'adah, Lampung, Rabu (22/12/2021). Muktamar NU ke-34 mengusung tema
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) saat menghadiri pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 di Pondok Pesantren Darus Sa'adah, Lampung, Rabu (22/12/2021). Muktamar NU ke-34 mengusung tema "Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia". ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama akan digelar pada Kamis malam (23/12), sekaligus menutup rangkaian acara Muktamar NU ke-34 di Lampung.

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Ke-34 NU Imam Aziz mengatakan agenda hari  ini dimulai dengan laporan pertanggungjawab dari PBNU saat ini. Acara ini akan dihadiri oleh Ketua Umum PBNU KHSaid Aqil Siroj dan Katib 'Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Selanjutnya, agenda akan fokus pada sidang komisi yang dibagi dalam enam komisi. Secara rinci enam komisi tersebut adalah komisi qanuniyah yang membahas persoalan perundang-undangan, komisi maudhu’iyah yang fokus pada isu-isu tematik, komisi waqi’iyah yang fokus pada status hukum fiqih kasus-kasus aktual, komisi organisasi, komisi program, dan komisi rekomendasi.

Imam mengatakan pada hari pertama Muktamar sempat terjadi perbedaan pendapat terkait tata tertib (tatib) Muktamar. "Memang sempat terjadi perdebatan alot terkait sejumlah pasal tata tertib dan itu biasa terjadi di mana-mana," kata Imam, dalam keterangan resmi, Kamis (23/12).

Ketua panitia pelaksana Muktamar Ke-34 NU M Imam Aziz mengatakan perdebatan berkutat pada pasal yang mengatur teknis proses penetapan calon ketua umum yang terdapat dalam pasal 22 dan 23 draf tata tertib muktamar.

Imam menyebut meski ada perbedaan pandangan, sidang tatib masih jauh dari kata ricuh dan tidak melibatkan kekerasan fisik. Sidang tatib pun baru rampung sekitar pukul 23.00 WIB di UIN Raden Intan Bandar Lampung.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...