Incar Pangsa E-Commerce, WhatsApp Kembangkan Fitur Business Nearby

Fahmi Ahmad Burhan
28 Desember 2021, 08:59
WhatsApp
Katadata

WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru bernama Business Nearby atau bisnis terdekat. Fitur ini membantu membantu penggunanya mencari sejumlah toko bahan makanan, pakaian, hingga restoran terdekat langsung dari aplikasi. 

Head of WhatsApp Will Cathcart mengatakan fitur ini akan menjadi tambahan di menu pencarian pada aplikasi. "Saat pengguna mencari seperti kedai kopi, toko bunga, toko pakaian, dan lainnya, fitur ini akan membantu pengguna menemukan dan menghubunginya," ujarnya dikutip dari Business Insider pada Senin (27/12).

Nantinya, setiap kali pengguna mencari sesuatu di WhatsApp, akan muncul bagian baru yang disebut Business Nearby. Ketika memilih opsi itu, pengguna bisa melanjutkan pencarian toko dan memilih salah satu kategori seperti restoran dan toko pakaian.

Hasil pencarian yang muncul itu ada di akun bisnis pengguna dan berdasarkan lokasi terdekat. Di hasil pencarian itu, pengguna juga akan memperoleh deskripsi tentang toko tersebut. Namun, informasi soal pembelian di toko menggunakan fitur itu masih belum jelas.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo fitur ini masih dalam tahap Beta. Tanggal perilisan pun belum dipastikan karena fitur tersebut sedang dalam pengembangan.

Upaya tersebut dilakukan WhatsApp untuk menambah kemampuan layanan belanja online mereka di platform. Sebelumnya, WhatsApp juga memperbarui fitur pemrogaman antarmuka (application programming interface/API) khusus untuk bisnis atau WhatsApp Business API.

Melalui pembaruan ini, perusahaan mengklaim aplikasinya dapat membuat interaksi antara pengguna bisnis dan pelanggan lebih efisien. "Ini akan memudahkan pelanggan untuk chat dengan bisnis," ujar WhatsApp dalam siaran persnya pada Juni (3/6).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...