Unggul Telak di Survei Pilkada Jateng, Gibran: Fokusnya Kerja di Solo

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas 34,8%, jauh mengungguli kandidat potensial lainnya dalam survei Pilkada Jawa Tengah.
Image title
8 Januari 2022, 15:58
Gibran
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi hasil survei Pilkada Jawa Tengah yang menyebut namanya paling populer di antara sosok lainnya.

Gibran mengatakan ia ingin fokus penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Solo. Ia bahkan belum melihat hasil survei tersebut.

"Survei apa, saya fokus kerjaan di Solo dahulu. Tadi baru ground breaking [peletakan batu pertama pembangunan rel layang Simpang Joglo],” ujarnya dilansir dari Antara, Sabtu (8/1). 

Gibran juga masih irit berkomentar soal peluangnya maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Beberapa partai politik seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memang sudah menyatakan ketertarikannya menggandeng putra Jokowi itu di Pilgub DKI. 

Advertisement

"Saya fokus kerjaan di Solo dahulu. Saya rampungkan sampai tuntas, sampai selesai," katanya.

Sebelumnya, survei Charta Politika menyebut elektabilitas Gibran mencapai 34,8%. Ia jauh mengungguli kandidat lainnya macam Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (9,3%) dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi (6,9%).

Survei tersebut dilakukan pada 28 September-3 Oktober 2021 dengan pertanyaan kunci siapa sosok yang dipilih jika Pilkada Jateng digelar hari ini. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka terhadap 800 responden dengan metode sampling multistage random sampling dan margin error 3,46%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memprediksi Pilkada Jawa Tengah bisa menjadi isu nasional jika mengacu pada survei terbaru yang mengunggulkan Gibran. “Akan beda ceritanya kalo disurvei Pilkada DKI. Isu politik dinasti potensi jadi beban,” katanya melalui akun Twitter

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait