Seorang Pekerja Tewas Dalam Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan

Rezza Aji Pratama
15 Mei 2022, 22:59
Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pertamina berusaha menangani kebakaran yang terjadi di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022). PT Kilang Pertamina Internasional menurunkan empat unit truk pemadam dan siste
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Handout/Novi Abdi/Bay/wsj.
Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pertamina berusaha menangani kebakaran yang terjadi di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022).

Seorang pekerja tewas dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Plant 5 Kilang Balikpapan milik PT kilang Pertamina Internasional. 

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan mengatakan api muncul di Unit Hydro Skimming Complex sekitar pukul 10.30 WITA. Dalam waktu satu jam, api berhasil dipadamkan. 

Advertisement

 “Saat ini sudah tidak tampak api maupun asap dari Plant,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (15/5). 

Ely mengatakan kebakaran ini menyebabkan tiga karyawan Pertamina mengalami luka bakar, dua orang pekerja kontraktor mengalami paparan suhu panas, sedangkan satu orang yang meninggal merupakan pekerja kontraktor. 

Ely melanjutkan saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara. Plant ini menghasillan bahan baku gasoline. Guna memenuhi kebutuhan produksi bahan baku, Pertamina melakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan. 

“Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk  memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat,” katanya.

GM Kilang Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan rasa bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya korban. Ia juga memohon maaf kepada keluarga bahwa setelah upaya maksimal yang telah diberikan korban tidak dapat diselamatkan.

Wahyu memastikan korban akan memastikan mendapatkan penanganan terbaik terkait  dengan hak-haknya seraya menyiapkan kebutuhan lain yang diperlukan.

“Kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," tutup Wahyu.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement