Survei SMRC: Persentase Dukungan PDIP Unggul Jauh

PDIP memiliki persentase dukungan hingga 24,1%. Adapun Golkar dan Gerindra masing-masing 9,4% dan 8,9%
Rezza Aji Pratama
18 Desember 2022, 16:42
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto (kiri) melakukan swa foto usai mengambil nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (14/12). Sebanyak 17 partai nasional dan enam partai lo
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto (kiri) melakukan swa foto usai mengambil nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (14/12).

Survei terbaru Saiful Mujani Reserach and Consulting (SMRC) menyebut PDIP, Golkar dan Gerindra masih memimpin tiga besar angka persentase dukungan menjelang Pemilu 2024.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan PDIP memiliki persentase dukungan hingga 24,1%. Adapun Golkar dan Gerindra masing-masing 9,4% dan 8,9%. Jika dibandingkan dengan hasil Pemilu 2019, Deni menyebut hanya PDIP dan Demokrat yang mengalami peningkatan. Sedangkan persentase dukungan partai lainnya justru cenderung turun.  

Kendati demikian, Deni menyebut setiap parpol masih berpeluang meningkatkan elektabilitasnya. Pasalnya, survei tersebut menunjukkan ada sekitar 20,9% responden yang belum menentukan pilihan.

"Proporsisi undecided voters akan berkurang ketika sudah memasuki masa kampanye," katanya, Minggu (18/12).

 Posisi partai lainnya dalam survei ini tidak banyak berubah. PKS masih mengekor di posisi empat dengan perolehan 6,2%, disusul oleh PKB dengan 61,%. Menariknya, Perindo (4,6%) menggeser posisi Nasdem (3,2%).  Baru kemudian diikuti oleh PPP (2,9%) dan PAN (1,7%). 

 “Partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1%,” ujar Deni. 

 Survei ini dilakukan SMRC pada 3 hingga 11 Desember 2022 dengan melibatkan 1.220 responden WNI berusaia 17 tahun atau sudah menikah. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka. Adapun margin of error survei tersebut berkisar ± 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

 

 

 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait