Menhub RI Ajak Saudi Airlines Layani Penerbangan Haji dari Kertajati

Rezza Aji Pratama
18 Desember 2022, 21:16
Menteri Perhubungan bertemu pejabat Arab Saudi
Kementerian Perhubungan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan sejumlah kesepakatan di sektor penerbangan dalam pertemuannya dengan para pejabat tinggi Arab Saudi.

Menhub tiba di Arab Saudi pada Minggu (18/12) dan menemui beberapa pejabat penting seperti Menteri Umroh dan Haji Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Transportasi dan Logistik Saleh Al-Jasser, dan Direktur Jenderal Saudi Airlines Ibrahim-Al Omar. 

Terkait dengan umrah dan haji, Budi mendorong Saudi Airlines untuk melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati, Jawa Barat. Ia menyebut selama ini Garuda Indonesia dan Lion Air sudah beroperasi di bandara tersebut. 

“Pada tahun 2023, kami akan jadikan Bandara Kertajati sebagai embarkasi Haji," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Minggu (18/12).

Sementara itu, Arab Saudi pun menawarkan Bandara Thaif sebagai tujuan penerbangan haji dari Indonesia. Ini diusulkan untuk mengurangi kepadatan kloter penerbangan jamaah di Bandara Jeddah dan Madinah.

"Pihak Arab Saudi menginginkan menambah slot penerbangan ke Bandara Soekarno Hatta. Selain itu, mereka juga ingin melayani penerbangan ke Denpasar, Bali dan Surabaya. Mereka juga menginginkan dibukanya poin ke Yogyakarta," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...