9 Manfaat Yogurt untuk Diet dan Pencernaan

Dwi Latifatul Fajri
16 September 2021, 17:50
9 Manfaat Yogurt untuk Diet dan Pencernaan
cottonbro/pexels

Yogurt adalah minuman fermentasi susu yang menyehatkan tubuh, karena dibuat dari bahan dasar susu yang dipanaskan dan difermentasi. Ada dua bakteri baik dalam minuman ini yang berguna untuk proses pencernaan. Dua bakteri itu adalah lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus.

Olahan susu ini telah dibuat sejak 4.500 tahun lalu. Mengutip laman itbu.ac.id, yogurt sudah dikonsumsi orang-orang Turki kuno. Awalnya yogurt ditemukan secara spontan oleh bangsa Bulgar. Saat itu, yogurt terbentuk dari fermentasi spontan bakteri liar yang hidup di dalam tas kulit kambing.

Bangsa Bulgar adalah bangsa yang sering berpindah tempat. Bangsa ini bermigrasi ke Eropa tahun ke-2 Masehi. Kemudian yogurt berkembang dan tersebar di berbagai negara. Minuman ini tersebar dari Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Barat, Eropa Tenggara sampai Eropa Tengah hingga tahun 1.900. 

Yogurt mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin B, mineral, dan lemak yang setara susu. Beberapa manfaat yogurt adalah memperlancar saluran pencernaan, baik untuk diet, dan menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan

1. Nutrisi dalam Yogurt

Yogurt mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, kalsium, magnesium, vitamin B12, dan beberapa asam lemak. Kandungan ini dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Kalsium dan magnesium dalam susu baik untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Manfaat Yogurt untuk Diet

Mengutip dari health.harvard.edu, sebuah penelitian menunjukkan manfaat mengonsumsi yogurt, salah satunya penurunan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Namun penelitian ini belum menjelaskan lebih detail alasan yogurt bisa merampingkan tubuh. Ada kemungkinan konsumsi yogurt secara rutin juga disertai konsumsi makanan sehat.

Sebuah penelitian melakukan percobaan pada 20 wanita sehat. Mereka mengonsumsi yogurt untuk camilan sore. Ternyata jumlah kalori dalam yogurt sama dengan biskuit dan coklat. Bedanya, biskuit dan coklat memiliki lemak tinggi dan dapat meningkatkan berat badan.

Penelitian tersebut menemukan, wanita yang rutin mengonsumsi yogurt akan merasa kenyang lebih lama. Jika Anda mengganti cemilan ringan dengan yogurt, itu dapat mengontrol nafsu makan dan menghasilkan sedikit kalori.

3. Manfaat Yogurt untuk Pencernaan

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan. Probiotik adalah mikroorganisme hidup dalam usus dan pencernaan. Mikroorganisme ini terdiri dari bakteri baik dan jahat yang berpengaruh pada proses pencernaan.

Melalui proses fermentasi, yogurt mengandung bakteri baik. Probiotik dalam yogurt bermanfaat untuk memperlancar dan mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, yogurt juga bisa mencegah iritasi usus besar, sembelit, dan diare.

Beberapa jenis probiotik dalam yogurt adalah bifidobacteria dan lactobacillus. Bifidobacteria dapat meningkatkan pencernaan, mengatasi kembung, dan memperlancar buang air besar (BAB).

4. Mengandung Protein

Yogurt mengandung protein tinggi yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengurangi kenaikan berat badan. Protein dapat melancarkan proses metabolisme dan pengeluaran energi.

Jika Anda rutin mengonsumsi makanan bergizi, maka kalori yang terbakar bisa lebih cepat. Kandungan protein dalam yogurt sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram). Sementara itu, yogurt Yunani terbukti dapat mengontrol nafsu makan karena mengandung protein lebih tinggi, yakni sekitar 22 gram per 7 ons (200 gram).

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...