Manfaat Wortel, dari Kesehatan Mata Hingga Proses Diet

Image title
20 September 2021, 16:18
Ilustrasi Manfaat Wortel
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Pekerja menyortir Wortel yang baru dipanen di tempat pengepul sayuran di kawasan lereng Gunung Sumbing Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kaliangkrik, Magelang, Jateng, Rabu (27/1/2021). Wortel yang telah di sortir selanjutnya didistribusikan ke berbagai kota besar di pulau Jawa di antaranya Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta, saat ini harga wortel berkisar Rp4.000-Rp7.500 per kilogram di tingkat konsumen.

Salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat dan bermanfaat untuk tubuh adalah wortel. Tumbuhan berwarna jingga ini juga disebut sebagai biennial, karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan. Bila di bagian atas akan tumbuh dedaunan dan bunga yang tingginya bisa mencapai satu meter.

Manfaat wortel bagi manusia sangat baik dan beraneka ragam. Meskipun secara kultur masyarakat selalu mengidentikkan dengan kesehatan mata, namun juga ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia.

Advertisement

Kandungan Gizi Wortel 

Melansir situs Alodokter.com, dalam setiap 100 gram wortel terdapat beragam nutrisi sebagai berikut:

  • 9,5 gram karbohidrat.
  • 2,8–3 gram serat.
  • 4,8 gram gula.
  • 0,9 gram protein.
  • 320 miligram kalium.
  • 70 miligram natrium.
  • 30 miligram kalisum.
  • 35 miligram fosfor.
  • 20 mikrogram folat.
  • 835 mikrogram vitamin A.
  • 13 mikrogram vitamin K.

Tidak hanya yang disebutkan di atas. Masih ada kandungan gizi lainnya yang termasuk senyawa fitokimia. Wortel juga mengandung beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin. Dari segi vitamin juga ada vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan kolin.

Manfaat Wortel 

Berdasarkan kandungan gizi, dapat dijabarkan manfaat dari tanaman wortel bagi tubuh sebagai berikut:

1. Wortel Mencegah Risiko Kanker

Rutin mengonsumsi wortel memiliki peluang untuk menurunkan risiko penyakit kanker, seperti penderita kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Wortel mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

2. Wortel Mengatur Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Salah satu fungsi wortel adalah menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga wortel selalu direkomendasikan kepada pasien diabetes. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Bagi mereka yang berbadan sehat, kandungan wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, dan bisa tercegah diabetes. Hal ini disebabkan wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

3. Wortel Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium, antioksidan dan serat dalam umbi ini bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Perpaduan gizi itu terbukti bermanfaat mencegah serangan jantung yang merupakan salah penyebab kematian tertinggi dunia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement