Manfaat Wortel, dari Kesehatan Mata Hingga Proses Diet

Berikut adalah manfaat wortel dari untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kanker hingga membantu mereka yang hendak diet.
Image title
20 September 2021, 16:18
Ilustrasi Manfaat Wortel
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Pekerja menyortir Wortel yang baru dipanen di tempat pengepul sayuran di kawasan lereng Gunung Sumbing Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kaliangkrik, Magelang, Jateng, Rabu (27/1/2021). Wortel yang telah di sortir selanjutnya didistribusikan ke berbagai kota besar di pulau Jawa di antaranya Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta, saat ini harga wortel berkisar Rp4.000-Rp7.500 per kilogram di tingkat konsumen.

Salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat dan bermanfaat untuk tubuh adalah wortel. Tumbuhan berwarna jingga ini juga disebut sebagai biennial, karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan. Bila di bagian atas akan tumbuh dedaunan dan bunga yang tingginya bisa mencapai satu meter.

Manfaat wortel bagi manusia sangat baik dan beraneka ragam. Meskipun secara kultur masyarakat selalu mengidentikkan dengan kesehatan mata, namun juga ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia.

Kandungan Gizi Wortel 

Melansir situs Alodokter.com, dalam setiap 100 gram wortel terdapat beragam nutrisi sebagai berikut:

  • 9,5 gram karbohidrat.
  • 2,8–3 gram serat.
  • 4,8 gram gula.
  • 0,9 gram protein.
  • 320 miligram kalium.
  • 70 miligram natrium.
  • 30 miligram kalisum.
  • 35 miligram fosfor.
  • 20 mikrogram folat.
  • 835 mikrogram vitamin A.
  • 13 mikrogram vitamin K.

Tidak hanya yang disebutkan di atas. Masih ada kandungan gizi lainnya yang termasuk senyawa fitokimia. Wortel juga mengandung beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin. Dari segi vitamin juga ada vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan kolin.

Manfaat Wortel 

Berdasarkan kandungan gizi, dapat dijabarkan manfaat dari tanaman wortel bagi tubuh sebagai berikut:

1. Wortel Mencegah Risiko Kanker

Rutin mengonsumsi wortel memiliki peluang untuk menurunkan risiko penyakit kanker, seperti penderita kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Wortel mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

2. Wortel Mengatur Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Salah satu fungsi wortel adalah menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga wortel selalu direkomendasikan kepada pasien diabetes. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Bagi mereka yang berbadan sehat, kandungan wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, dan bisa tercegah diabetes. Hal ini disebabkan wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

3. Wortel Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium, antioksidan dan serat dalam umbi ini bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Perpaduan gizi itu terbukti bermanfaat mencegah serangan jantung yang merupakan salah penyebab kematian tertinggi dunia.

Nutrisi kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, kemudian serat dan antioksidannya baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

4. Wortel Dapat Memperlancar Pencernaan

Kombinasi serat dan air dalam wortel membantu memperlancar proses pencernaan serta membuat tinja lebih padat dan lunak. Paduan gizi itu baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Tak hanya itu, wortel juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

5. Wortel Mengurangi Risiko Obesitas

Bila Anda sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan dan mencapai tubuh proporsional, mengonsumsi wortel bisa menjadi jawabannya. Wortel mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, dan mineral. Kandungan serat pada wortel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dari manfaat di atas, nafsu makan Anda akan lebih mudah terkontrol, dan lebih mudah mengatur pola makan agar tidak mengalami obesitas.

6. Wortel Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wortel mampu menjadi suplemen alami untuk kekebalan tubuh. Hal itu bisa terjadi karena kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya virus Corona.

Namun, konsumsi wortel saja juga tidak cukup. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.

7. Wortel Menjaga Kesehatan Mata

Di bagian ini menjadi manfaat paling dikenal dari masyarakat. Bahkan, dalam banyak tradisi masyarakat mengonsumsi wortel sudah menjadi doktrin kepada para anak-anak untuk menjaga mata mereka agar terhindar dari segala penyakit maupun rabun jauh atau dekat. Khasiat ini tentu bukan mitos karena di dalam wortel mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

Dari tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya wortel merupakan tanaman kaya manfaat yang tak diragukan lagi khasiatnya. Biasakanlah untuk menambahkan wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, perlu diingat, ketika membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait