9 Manfaat Buah Naga untuk Bayi dan Cara Membuat MPASI dari Buah Naga

Selain memiliki rasa yang lezat, ada beberapa manfaat buah naga untuk bayi.
Image title
18 Agustus 2021, 10:10
9 Manfaat Buah Naga untuk Bayi dan Cara Membuat MPASI dari Buah Naga
pixabay.com
Ilustrasi bayi yang mendapatkan makanan pendampiang ASI

Buah naga biasanya dijadikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Buah ini memiliki kandungan air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, dan kalsium. Juga menyimpan fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori. 

Rupanya kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan bayi. Ada beberapa manfaat buah naga untuk bayi, berikut ini penjelasannya.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Bayi

1. Sumber Vitamin C

Vitamin C bisa untuk menjaga perkembangan tulang, otot, gigi, dan menjaga daya tahan tubuhnya. Buah naga bisa menjadi salah satu pilihan sumber vitamin C yang aman dikonsumsi bayi.

2. Menguatkan Tulang Bayi

Kandungan potasium, flavonoid, dan fenolik di dalam buah naga ternyata baik untuk menguatkan tulang bayi. Selain itu, konsumsi buah naga sejak bayi juga bisa mencegah arthritis saat dewasa nanti.

3. Memlihara Kesehatan Mata

Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A beperan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit bayi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Bayi

Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini bisa mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.  Selain itu, buah naga juga merupakan sumber prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas juga ternyata berbahaya untuk kesehatan bayi. Buah naga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang aman dikonsumsi bayi pada masa MPASI. Buah yang kaya antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan bayi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah naga juga baik untuk menjaga kesehatan jantung bayi. Dengan jantung yang sehat, maka sistem organ dan jaringan tubuh bayi juga ikut terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain jantung, manfaat buah naga lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan ginjal di kecil. Buah naga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi alami terhadap racun dalam tubuh. Buah dengan warna mencolok ini juga bisa menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih.

8. Memelihara Kesehatan Saraf

Buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan safar bayi, karena ada banyak kandungan vitamin, mineral, dan senyawa baik lainnya. Dengan sistem saraf yang sehat, maka fungsi dari organ tubuh lainnya juga ikut terjaga.

9. Sumber Zat Besi Alami

Bayi juga membutuhkan zat besi untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima. Buah naga merupakan salah satu sumber zat besi alami yang baik untuk dikonsumsi bayi pada masa MPASI.

Cara Membuat MPASI dari Buah Naga

Meskipun manfaat buah naga untuk bayi sangat banyak, namun jika orang tua tidak mengetahui cara untuk mengolah MPASI dari buah naga, maka manfaat tersebut bisa saja hilang. MPASI bukan hanya sekadar makanan yang mengenyangkan namun juga harus memiliki kandungan gizi yang lengkap. Berikut ini beberapa cara untuk membuat MPASI dari buah naga.

1. Buah Naga + Olive Oil

Cara pertama bisa dilakukan dengan mencampurkan setengah buah naga dengan olive oil. Berikut cara membuatnya:

  • Kupas buah naga, cuci bersih, dan potong-potong daging buahnya.
  • Haluskan buah naga kemudian saring.
  • Tambahkan olive oil sedikti dan aduk sampai rata.

2. Buah Naga + Pisang

  • Siapkan 100 gramm buah naga, pisang 1 buah, dan ASI atau sufor.
  • Potong buah naga dan buah pisang.
  • Haluskan keduanya hingga mencapai tekstur yang diinginkan kemudian saring.
  • Tambahkan ASI atau sufor, dan sajikan.

3. Buah Naga + Oatmeal

  • Siapkan oatmeal 100 gram, buah naga secukupnya, keju secukupnya, dan olive oil.
  • Seduh oatmeal dengan air panas atau bisa juga dimasak.
  • Campur oat yang telah larut dalam air dengan buah naga potong;
  • Haluskan sampai memiliki tekstur yang sesuai.
  • Tambahkan keju yang sudah diparut dan olive oil secukupnya, lalu sajikan.

4. Buah Naga + Apel

  • Siapkan buah naga sebanyak 100 gram, buah apel 100 gram, dan ASI atau susu formula.
  • Haluskan buah naga dan apel.
  • Tambahkan ASI atau sufot dan aduk hingga teksturnya seperti bubur.
  • Sajikan untuk makanan bayi.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait