9 Manfaat Buah Naga untuk Bayi dan Cara Membuat MPASI dari Buah Naga

Siti Nur Aeni
18 Agustus 2021, 10:10
9 Manfaat Buah Naga untuk Bayi dan Cara Membuat MPASI dari Buah Naga
pixabay.com
Ilustrasi bayi yang mendapatkan makanan pendampiang ASI

Buah naga biasanya dijadikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Buah ini memiliki kandungan air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, dan kalsium. Juga menyimpan fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori. 

Rupanya kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan bayi. Ada beberapa manfaat buah naga untuk bayi, berikut ini penjelasannya.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Bayi

1. Sumber Vitamin C

Vitamin C bisa untuk menjaga perkembangan tulang, otot, gigi, dan menjaga daya tahan tubuhnya. Buah naga bisa menjadi salah satu pilihan sumber vitamin C yang aman dikonsumsi bayi.

2. Menguatkan Tulang Bayi

Kandungan potasium, flavonoid, dan fenolik di dalam buah naga ternyata baik untuk menguatkan tulang bayi. Selain itu, konsumsi buah naga sejak bayi juga bisa mencegah arthritis saat dewasa nanti.

3. Memlihara Kesehatan Mata

Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A beperan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit bayi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Bayi

Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini bisa mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.  Selain itu, buah naga juga merupakan sumber prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas juga ternyata berbahaya untuk kesehatan bayi. Buah naga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang aman dikonsumsi bayi pada masa MPASI. Buah yang kaya antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan bayi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...