Tips Mudah Menghafal Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Cara mudah menghafal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris dari lagu hingga gerakan bagi para pemula.
Image title
22 September 2021, 11:18
Ilustrasi cara mudah menghafal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris dari lagu hingga gerakan bagi para pemula
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi cara mudah menghafal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris dari lagu hingga gerakan bagi para pemula

Mempelajari Bahasa Inggris sudah seperti kebutuhan yang penting. Hal itu disebabkan Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. 

Dalam mempelajarinya, perlu ada metode yang efektif. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dikuasai seperti kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar) yang dipraktikan dalam percakapan maupun tulisan. Mulailah dengan kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu topik yang harus segera dikuasai adalah mempelajari dan menghafalkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. Berikut nama-nama hari dalam Bahasa Inggris:

Monday : Senin
Tuesday : Selasa
Wednesday : Rabu
Thursday : Kamis
Friday : Jumat
Saturday : Sabtu
Sunday : Minggu

Tentunya bagi Anda yang baru melihat dan membaca nama-nama hari tersebut akan merasa asing. Ataupun saat mengajarkannya kepada putra dan putri Anda. Makanya perlu metode yang efektif dalam proses penghafalannya.

Metode Menghafal Bahasa Inggris

Seperti dilansir dari Azbahasainggris.com, ada beberapa metode dalam proses menghafalkan nama-nama hari hari dalam Bahasa Inggris.

1. Menghafal dengan Jembatan Keledai

Metode ini merupakan cara untuk menghafal sesuatu dengan mudah. Dalam praktiknya kombinasi kata dan suku kata ditambahkan dalam salah satu kata yang hendak dihafal sehingga melekat dalam otak dan mudah untuk dilafalkan dalam keseharian.

Begini contohnya:

SunMing MoSen TuSel WeRa ThurKa FriJu SaSa

Anda juga bisa melakukan infovasi lain dengan konsep serupa seperti contoh di atas.

2. Menghafal dengan Dilagukan

Jika Anda mengetahui lagu huruf alfabet ABCD dalam Bahasa Inggris, maka dengan nada serupa juga bisa digunakan untuk menghafal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris.

Berikut liriknya:

Monday Senin Tuesday Selasa
Wednesday Rabu Thursday Kamis
Friday Jumat Saturday Sabtu
Sunday Minggu nama hari

Tentu lirik di atas bukanlah suatu hal yang baku, dan bisa disesuaikan dengan selera serta minat dalam bermusik.

3. Menghafal dengan Membuat Gerakan Baru

Bila masih kesulitan dengan di atas, maka Anda juga bisa mencoba memadukannya dengan gerakan. Metode ini cocok bagi mereka yang dominan di kinetik. Berikut caranya:

Monday dapat dilambangkan dengan jari membentuk huruf O
Tuesday dilambangkan dengan jari membentuk huruf V
Wednesday dilambangkan dengan jari membentuk huruf W
Thursday dilambangkan dengan jari membentuk huruf T
Friday dilambangkan dengan jari membentuk huruf F
Saturday dilambangkan dengan jari membentuk huruf S
Sunday dilambangkan dengan jari membentuk dua huruf O

Cara-cara ini dapat Anda praktikkan dengan mudah di rumah, tanpa harus menggunakan banyak alat dan bisa dilakukan kapanpun.

Selain menggunakan pendekatan kinetik dan hafalan, Anda juga bisa menerapkan metode sejarah atau cerita. Karena di balik sebuah ama selalu terkandung cerita di dalamnya, dan itu akan membuat Anda lebih lekat saat hafalan nama-nama hari. 

1. Sunday

Nama ini dikutip dari Bahasa Inggris kuno Sunnandæg yang berarti sun’s day atau hari matahari. Sejak zaman lampau, banyak kepercayaan dan kebudayaan terdahulu yang menjadikan matahari sebagai tokoh dewa yang paling utama, sehingga mereka kemudian menempatkan hari matahari ini sebagai awal dari hari-hari lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, hari ini menjadi hari libur internasional dan dijadikan sebagai akhir sebuah pekan. Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi Hari Minggu atau Ahad.

2. Monday

Andai ada hari matahari, maka sudah pasti ada hari bulan. Berasal dari kata Monandæg yang berarti moon’s day. Banyak dari masyarakat yang tidak menyukai hari ini karena mereka sudah harus kembali beraktivitas dan menjalani pekerjaan mereka. Kondisi tersebut membuat hari bulan itu menjadi dipandang negatif dan selalu dikonotasikan dengan hal menyebalkan. Bila dalam bahasa Indonesia Monday ditermahkan menjadi Senin.

3. Tuesday

Bila merujuk pada referensi Bahasa Inggris kuno hari Selasa disebut sebagai Tiwesdæg yang berarti Tiw’s Day. Nama Tiw atau Tyr sendiri dikenal sebagai dewa perang bertangan satu dalam kisah mitologi Nordik yang membunuh serigala raksasa Garmr dalam perang terakhir Ragnarok. Namun nahas, Tyr tewas bersamaan dengan lawan bertempurnya tersebut.

4. Wednesday

Bila menilik hari ini maka akan ditemukan makna dari kata Wodnesdæg yang berarti Woden’s day. Woden sendiri merupakan sosok figur dewa yang paling dikenal oleh orang-orang Germanic pada abad ketujuh setelah Masehi. Jika dirujuk ke mitologi Nordik, nama Woden disebut juga sebagai Odin dan merupakan ayah dari beberapa dewa Nordik lainnya seperti Thor dan Baldr. Odin sering digambarkan sebagai bermata satu dan bersenjatakan tombak yang bernama Gungnir. Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia Wednesday memiliki makna hari Rabu.

5. Thursday

Banyak dari masyarakat kita dan mungkin termasuk Anda sudah mengetahui bahwa Thor merupakan personifikasi dari dewa petir dalam mitologi Nordik. Thursday atau hari Kamis ini merupakan hari yang didedikasikan oleh orang-orang Germanic kepada dewa petir tersebut. Nama hari dalam Bahasa Inggris kuno ditulis sebagai Þunresdæg ini memiliki arti harfiah sebagai hari petir. Dalam bahasa Nordik, petir ditulis sebagai Þunor dan thor dalam Bahasa Inggris modern. Nama Thor sendiri sudah cukup populer karena menjadi salah satu tokoh dalam film superhero Hollywood.

6. Friday

Nama hari ini diambil dari kata Frigedæg yang bermakna Frige’s day. Frige sendiri merupakan figur seorang dewi dalam kebudayaan Anglo-Saxon dan orang Norse untuk menyebutnya sebagai planet Venus sebagai Friggjarstjarna atau Frigg’s star. Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indoensia Friday diartikan sebagai Hari Jumat.

7. Saturday

Hari terakhir yang selalu dinantikan karena menjadi permulaan dari akhir pekan. Uniknya nama Sæturnesdæg dalam bahasa Inggris kuno merupakan satu-satunya nama hari yang tidak diambil dari dewa dalam mitologi Nordik, tapi dewa dalam mitologi Romawi yaitu dewa Saturn. Saturn sendiri merupakan ayah dari Jupiter (Zeus dalam mitologi Yunani). Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Hari Sabtu.

Demikian nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. Ternyata bukan hanya sekedar naman namun juga ada makna yang terkandung di dalamnya. Bila kita menelisik lebih dalam ada kisah sejarah yang menyertainya. Cerita sejarah itu juga berkaitan dengan asal mula Bangsa Eropa terutama Inggris dalam bertutur dan menggunakan bahasa.

Karena bahasa Inggris menjadi bahasa resmi 53 negara yang ada di dunia. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati dengan penuh dan Anda bisa berkenalan dengan orang di Negara-negara tersebut tanpa merasa kesulitan dengan menguasai bahasa Inggris.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait