Bacaan Zikir dan Doa Bangun Tidur di Pagi Hari

Bagi umat muslim, membaca doa sebelum dan sesudah tidur menjadi pahala dan berkah. Berikut bacaan dzikir dan doa bangun tidur untuk memulai aktifitas pagi.
Dwi Latifatul Fajri
23 September 2021, 22:07
Bacaan zzikir dan Doa Bangun Tidur di Pagi Hari
pixabay.com

Bangun tidur menjadi langkah awal manusia memulai aktifitas harian. Bangun lebih awal adalah salah satu kenikmatan yang diberikan Allah SWT. Manusia diberikan nyawa dan tenaga untuk memulai aktifitas sehari-sehari.

Bagi umat muslim, membaca doa sebelum dan sesudah tidur menjadi pahala dan berkah. Doa setelah bangun tidur merupakan rasa syukur pada Allah SWT untuk memulai hari esok yang lebih baik.

Doa Bangun Tidur

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Bacaan doa bangun tidur latin:

Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr

Arti doa bangun tidur:

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.

Mengutip dari nu.or.id, berdasarkan kitab Bidayatul Hidayah, Imam Al-Ghazali menjelaskan tentang adab orang muslim ketika bangun tidur. Adab tersebut yaitu:

1. Berusaha sebisa mungkin untuk bangun sebelum subuh.

2. Ketika bangun tidur, yang terlintas pertama kali dari mulut dan hati adalah dizikir kepada Allah SWT.

Menurut hadist riwayat Tirmidzi, Hasan menurut Syaikh Al Albani berikut sunah zikir pagi,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berzikir kepada-Nya."

3. Membaca doa panjang ketika bangun dari tidur dengan doa sebagai berikut

الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali. Aku memasuki pagi, sedang kekuasaan tetap hanyalah milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan milik Allah pula. (Dialah) Tuhan seru sekalian alam. Aku menyongsong pagi dengan kesucian Islam dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW. Juga dengan agama Bapak kami Ibrahim dengan berserah diri, serta bukanlah kami termasuk golongan orang-orang musyrik.

Ya Allah dengan-Mu lah kami memasuki pagi dan sore, dengan-Mu lah kami hidup dan mati dan kepada-Mu lah kami kembali. Ya Allah kami mohon bangkitkanlah kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan keburukan atau mempekerjakan orang islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan. Aku meminta kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini dan kejelekan yang ada di dalamnya.

4. Ketika hendak memakai baju, maka niatkanlah karena mengikuti perintah Allah untuk menutupi aurat. Bukan untuk dipamerkan kepada orang lain.

Manfaat bangun pagi lebih awal:

Umat muslim disunahkan untuk bangun pagi lebih awal sebelum shalat subuh. Bangun sebelum subuh memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan otak. Bangun tidur lebih awal dapat meningkatkan kesehatan mental, produktivitas, dan kualitas tidur. Berikut manfaat lain bangun tidur lebih awal:

1. Peningkatan Fungsi Kognitif

Mengutip dari eachnight.com, bangun pagi membuat seseorang cenderung lebih berkonsentrasi dan berenergi sepanjang hari. Penelitian tahun 2008, menemukan orang yang bangun pagi mampu meningkatkan kinerja kognitif pada memori otak. Studi lain menemukan bangun lebih awal memiliki manfaat pemecahan masalah, fokus pada tujuan, dan berprestasi di sekolah.

2. Mengurangi Stress

Bangun pagi dapat meminimalisir stres dan kesehatan mental. Jika Anda tipe orang yang sering bangun lebih awal, maka akan bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa tambahan waktu dan tekanan. Anda bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk meningkatkan produktivitas.

3. Meningkatkan Organisasi dan Produktivitas

Bangun lebih awal bisa digunakan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan. Jadi bisa membuat catatan atau menyusun jadwal. Anda bisa memiliki waktu tambahan untuk tugas atau mencoba hal baru.

4. Olahraga pagi

Bangun lebih awal dan memulai olahraga baik untuk fisik dan mental. Olahraga ringan ketika pagi, dapat mengurangi penyakit jantung, mengurangi berat badan, dan mengontrol tekanan darah.

5. Pagi menyenangkan

Bangun pagi lebih awal dapat memulai rutinitas santai dan tenang. Misalnya menikmati waktu sendiri setelah bekerja atau merawat anak.

Itulah penjelasan mengenai bacaan doa bangun tidur, latin, dan artinya. Semoga bermanfaat 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait