Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal merupakan pengalaman mengejutkan bagi sebagaian orang. Meski terdengar mengerikan, nyatanya mimpi ini tak selalu berarti buruk.
Image title
28 September 2021, 17:57
Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Pertanda Baik atau Buruk?
Pexels.com
Ilustrasi mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal.

Sebagian orang percaya kalau mimpi hanya sekadar bunga tidur. Namun, tak sedikit pula yang meyakini ada maksud dan pesan terselubung di balik mimpi yang dialami seseorang. Beberapa mimpi yang cukup sering dialami seseorang adalah mimpi digigit ular, gigi copot, dan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal.

Bertemu dengan orang yang sudah meninggal tak jarang bikin perasan seseorang campur aduk. Pengalaman tersebut terkadang membuat orang merasa cemas, khawatir, takut, hingga sedih. Tak sedikit yang memadangnya sebagai isyarat musibah, namun ada pula yang melihatnya sebagai pertanda baik, tergantung dari sudut mana mereka menginterpretasikan.

Mengutip Labex-Cortex, orang yang sudah meninggal biasanya muncul dalam mimpi ketika mereka memiliki pesan atau peringatan. Mampirnya orang mati ke alam mimpi disebut sebagai representasi dari rasa bersalah dan ketidakpuasan terhadap hidup dan menyadari hal tersebut tidak dapat mereka perbaiki.

Bertemu orang mati dalam mimpi kadang melambangkan rasa frustrasi dan kekecewaan diri. Selain itu, pengalaman ini bisa diartikan sebagai tanda bahaya atau masalah yang dapat dihindari apabila tidak diabaikan.

Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Namun, tidak hanya itu dikutip dari Regular Dream dan beberapa laman terkait lainnya, berikut arti mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal.

1. Perasaan Bersalah

Mimpi melihat orang meninggal menunjukkan perasaan bersalah. Emosi si pemimpi akan terhubung dengan orang yang mereka lihat dalam mimpi. Barangkali, si pemimpi tidak peduli atau tidak ada untuk mereka di saat mereka membutuhkan.

Kedua kasus tersebut akan meninggalkan rasa bersalah dalam diri si pemimpi setelah kematian orang tersebut.

2. Sebuah Awal Baru

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal juga bisa melambangkan awal yang baru. Ketika seseorang meninggal, kehidupan baru dimulai. Begitupun bagi si pemimpi. Mimpi tersebut menjadi isyarat bagi mereka untuk memulai hidup yang baru.

Ketika seseorang meninggal, kehidupan di sekitar orang itu berhenti dan orang-orang menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengingat orang tersebut dan larut dalam kesedihan. Mimpi ini bisa menjadi pesan kepada orang-orang di sekitarnya untuk melanjutkan rutinitas dan fokus pada kehidupan mereka.

3. Peringatan Bahaya

Mimpi orang meninggal juga bisa jadi pertanda akan datangnya bahaya, entah disebabkan karena si pemimpi sendiri atau karena orang lain. Pikirkan kesalahan apa yang sekiranya Anda atau orang lain akan lakukan. Pertimbangkan pula solusi terbaik untuk memecahkannya.

4. Sering Memikirkan Kematian

Orang yang terlalu sering memikirkan kematian sehingga merasa takut dan was-was jadi salah satu faktor seseorang bisa mengalami mimpi ini.

Selain arti di atas, mimpi bertemu orang yang sudah meninggal juga bisa diartikan secara lebih spesifik dengan mengacu pada orang yang ditemui, tempat, dan maksud kedatangannya. Mengutip Dreaming and Sleeping dan situs terkait lainnya, berikut tafsir mimpi bertemu dengan orang mati.

Berbicara dengan orang yang sudah meninggal

Jika Anda bermimpi berbicara dengan orang yang sudah meninggal namun tidak dapat mengingat detailnya, bisa diartikan dalam waktu dekat teman atau kerabat akan datang dan meminta saran atas masalah yang mereka hadapi.

Apabila dalam mimpi tersebut Anda dan orang sudah meninggal berkomunikasi secara aktif, hal ini merupakan pertanda baik. Beberapa orang menafsirkan kalau Anda merupakan orang yang dicintai, dihargai, dan diperlakukan dengan baik oleh banyak orang.

Masih banyak interpretasi mimpi berbicara dengan orang meninggal dan sebagian besar merupakan suatu pertanda baik, bisa melambangkan kesuksesan atau suatu tujuan akan segera tercapai.

Berbicara dengan orangtua yang sudah meninggal

Bermimpi bertemu dengan orangtua yang sudah meninggal bisa berarti bahwa Anda sedang merindukannya atau belum bisa menerima kepergiannya. Dalam hal lain, mimpi ini kadang diartikan bahwa tujuan seseorang akan segera tercapai. Karier serta perekonomian juga akan mengalami peningkatan.

Mimpi ibu meminta pertolongan

Memimpikan mendiang ibu yang datang meminta pertolongan dapat diartikan kalau Anda akan menghadapi berbagai masalah di masa mendatang. Namun begitu, Anda harus mengandalakan kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mimpi saudara meminta pertolongan

Mimpi ini dilambangkan sebagai rasa bersalah atas apa yang telah kita lakukan terhadap saudara kita semasa mereka hidup. Selain itu, hal ini juga bisa sebagai pertanda kalau si pemimpi akan berkonflik dengan seseorang.

Mimpi berbicara dengan sahabat yang sudah meninggal

Pengalaman ini umumnya diartikan karena si pemimpi merindukan sahabatnya dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama mereka. Atau, bisa juga diartikan seseorang tidak menghargai si pemimpi sehingga perlu menjaga jarak dengan orang tersebut.

Mimpi diajak pergi oleh orang yang sudah meninggal

Mimpi ini merupakan pertanda buruk, terlebih jika si pemimpi menjawab ajakan mereka. Mimpi ini sering disebut sebagai isyarat kalau seseorang akan mengalami situasi yang buruk yang mengancam nyawa. Beberapa orang menyebut mimpi ini sebagai lambang kematian.

Namun, jika ada seseorang lainnya dalam mimpi yang mencegah Anda untuk pergi, kemungkinan akan ada orang yang membantu Anda keluar dari situasi buruk tersebut dalam dunia nyata.

Mimpi menolak ajakan seorang yang telah meninggal

Jika Anda menolak ajakan seseorang yang telah meninggal, hal ini berarti suatu keberuntungan akan menghampiri dalam kehidupan nyata dan Anda akan terhindar dari masalah yang mungkin terjadi.

Mimpi berbicara dengan mendiang orang asing

Apabila dalam mimpi Anda bertemu dan berbicara dengan orang asing yang tak dikenal, hal tersebut merupaka peringatan untuk tidak mudah percaya kepada seseorang di kehidupan nyata Anda. Karena tidak semua orang menjalin hubungan dengan niat tulus.

Mimpi melihat diri sendiri yang sudah meninggal

Dalam primbon Jawa, melihat diri sendiri yang sudah meninggal di dalam mimpi merupakan ajakan untuk introspeksi diri agar terhindar dari malapetaka yang datang dari orang-orang terdekat.

Mimpi orang meninggal yang digotong

Memimpikan orang meninggal yang digotong berkaitan erat dengan keimanan dan ibadah seseorang yang mengalami penurunan dan perlu dibenahi.

Memimpikan orang yang sudah meninggal dalam peti mati

Mimpi ini merepresentasikan pikiran dan ketakutan Anda akan kematian. Jika Anda melihat wujud seseorang dalam peti mati tersebut, hal ini menunjukan bahwa Anda mungkin menghadapi situasi yang menyakitkan dalam kehidupan nyata yang bisa dikaitkan dengan orang yang berada dalam peti mati tersebut.

Namun, apabila Anda melihat sosok Anda sendiri dalam peti mati, maka mengindikasikan depresi dan tanda kalau Anda perlu menyisihkan waktu untuk bersantai dan menikmati hidup.

Mimpi orang yang sudah meninggal meminta makanan

Interpretasi mimpi ini tergantung bagaimana perasaan Anda. Jika orang tersebut adalah orang yang benar-benar Anda hargai, maka mencerminkan Anda orang yang suka beramal. Namun, apabila orang yang hadir bukan orang yang membuat Anda nyaman, maka ini merupakan indikasi bahwa Anda sedang berada dalam situasi yang tidak diinginkan dan memerlukan tanggung jawab besar.

Di lain sisi, hal ini diartikan Anda tengah lelah dalam hidup, khususnya dalam menghadapi tekanan tanggung jawab, situasi, dan orang-orang di sekitar Anda yang menyebabkan Anda susah berpikir rasional.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait